Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
KBRI Paris undang tiga pemenang Sayembara Ilmiah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
Pemenang Sayembara Ilmiah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan mempresentasikam makalahnya di Balai Budaya KBRI Paris, Prancis. FOTO: kbriparis
Eropa

KBRI Paris undang tiga pemenang Sayembara Ilmiah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan 

LENSAINDONESIA.COM: Perancis adalah salah satu negara yang maju dalam pengelolaan pendidikan dan kebudayaan.

Sistem pendidikan yang dianut oleh Prancis menjadikan pemerintah memegang peranan penting, disisi lain pengelolaan kebudayaan di Prancis juga menjadi trademark dunia terutama dalam pengelolaan kebudayaan terutama situs sejarah dan Museum.

Sebagai bentuk usaha mendapatkan formula best practice pada sistem pengelolaan pendidikan dan kebudayaan di Prancis, untuk dapat ditiru dan diadaptasi oleh pemerintah Indonesia, KBRI Paris melalui Atdikbud mengadakan Sayembara Ilmiah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Sayembara ini menghasilkan tiga makalah pemenang yaitu Agung Wibowo yang mempresentasikan ‘Sistem pengembangan kebudayaaan’ dan pengelolaan museum di Prancis, lalu Roman Ardian Goenarjo yang mempresentasikan ‘ Sistem penerimaan peserta didik baru dan zonasi di Prancis’ dan terakhir Setiawan Adji Sukarno yang mempresentasikan ‘Analisis sistem pendidikan anak usia dini sampai dengan pendidikan menengah atas di Prancis’.

Tiga pemenang Sayembara Ilmiah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Balai Budaya KBRI Paris, Prancis.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, KBRI Paris mengundang para pemenang Sayembara Ilmiah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan ke Balai Budaya KBRI Paris, Prancis.

Para pemenang sayembara ini diundang ke KBRI Paris untuk mempresentasikan makalahnya sekaligus menerima hadiah masing-masing sebesar 1500 Euros.

Dubes RI di Paris, Armanantha Nasir menyampaikan selamat pada para pemenang.

Ia mengingatkan, bahwa Indonesia sedang menghadapi bonus demografi, dan revolusi industri 4.0, maka sangat bila generasi muda bisa yang belajar di luar negeri bisa menularkan ilmu dan pengelaman untuk dunia kerja di Indonesia.

“Betapa pentingnya para pelajar untuk dapat menularkan sikap kerja, cara berpikir dan pengalaman selama menimba ilmu diluar negeri dalam dunia kerja di Indonesia,” katanya saat membuka acara, Selasa (29/10/2019).

Pemberian hadiah pemenang Sayembara Ilmiah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Balai Budaya KBRI Paris, Prancis. FOTO: kbriparis

Sementara itu, Atdikbud Prof. Warsito menyampaikan, semua makalah dari para pemenang sayembara akan di-review oleh Ketua Delegasi Perwakilan Tetap RI untuk Indonesia, Prof. Surya Rosa Putra, untuk kemudian akan diformulasi menjadi satu rekomendasi yang akan disampaikan kepada Mendikbud Nadiem Makarim di Jakarta.

Baca Juga:  Polrestabes Medan diserang bom bunuh diri, polisi Surabaya pertebal pengamanan

Atdikbud berharap rekomendasi tersebut dapat menjadi masukan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan pengelolaan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia agar menjadi lebih baik.@ADK