Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gerindra dan PKS siap usung Gibran putera sulung Jokowi maju Pilwali Solo, Kombatan ingatkan ‘Jebakan Batman’
Gibran Rakabuming Raka dan ayahanda, Presiden Joko Widodo. @dok. ist
HEADLINE

Gerindra dan PKS siap usung Gibran putera sulung Jokowi maju Pilwali Solo, Kombatan ingatkan ‘Jebakan Batman’ 

LENSAINDONESIA.COM: Wacana Partai Gerindra akan mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pilwalkot Surakarta 2020, mengundang reaksi kritis relawan pendukung militant Presiden Jokowi, Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan). Apalagi, wacana itu juga mendapat dukungan partai oposisi, PKS (Partai Keadilan Sejahtera).

“Yang pasti, hal itu akan menjadi beban politik yang gak perlu bagi Presiden Jokowi,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Kombatan, Budi Mulyawan, SH kepada LensaIndonesia.com, di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Budi merasa perlu mengingat sejak dini agar wacana itu tidak terus digulirkan hingga kebablasan terwujud. Apalagi, Gibran Rakabuming Raka sampai terpilih menduduki posisi Wali Kota di kota basis pendukung Presiden Jokowi saat Pilpres. Pasalnya, dukungan PKS yang partai opsisi secara tidak langsung juga bisa ‘menyandera’ keberadaan sang ayah, Presiden Jokowi.

“Berpolitik itu harus bijak dan dilandasi perhitungan yang matang. Sehingga, tidak ikut-ikutan dan mudah ‘terpola’ alias ‘jebakan Batman’,” tegas orang nomer satu di Ormas Kombatan yang melibatkan politikus senior Sidarto Danusubroto, mantan Ajudan Presiden RI pertama Ir Soekarno, sebagai dewan Pembina itu.

Sebagai nahkoda relawan pendukung militan Jokowi saat Pilpres 2019, Budi mengaku memahami untuk maju menjadi calon wali kota Surakarta merupakan hak politik Gibran Rakabuming Raka. Namun, Budi lagi-lagi mengingatkan, untuk memutuskan langkah politik itu perlu mempertimbangan berbagai aspek secara mendalam.

“Tapi sebaiknya jangan dulu. Sebab untuk berpolitik, apalagi mau jadi calon kepala daerah, tidak lah semudah itu. Tidak cukup hanya bermodal popularitas, apalagi sekedar ‘mendompleng’ (political power) orang tua,” tegas Budi Mulyawan.

Sepatutnya Gibran Rakabuming Raka tidak muda tergoda pihak–pihak yang berambisi memanfaatkan dirinya. Karena bisa berefek politik kontraproduktif lebih luas.

Baca Juga:  Hari HAM di Bandung, Kemenkumham maksimalkan layanan pengaduan HAM se-Indonesia

“Berpolitik itu harus penuh tanggung jawab, dan harus memiliki visi dan misi yang jelas, tidak cukup hanya dengan ambisi, apalagi emosi,” kata Budi, yang juga Direktur Eksekutif Center for Local Government Reform (Celgor).

Sebagaimana dilansir editor.id, Ketua DPC Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno berencana mengusung Gibran Rakabuming Raka maju Pilwali Surakarta, berpasangan dengan calon wakil walikota, Paundrakarna –cucu Bung Karno– , yang merupakan putera Sukmawati Soekarnoputri dan KGPAA Mangkunegoro IX.

“Keduanya sama-sama masih muda. Mas Paundra seorang seniman-budayawan, sedangkan Mas Gibran pengusaha sukses. Saya kira keduanya bisa membawa Solo lebih maju tanpa meninggalkan budaya,” ujar Ardi saat dihubungi detikcom, Selasa (29/10/2019).

Menurut Ardi, hal ini masih sebatas wacana karena masih akan diusulkan ke DPP Gerindra. Terkait partai yang akan mengusung, Ardi mengatakan koalisi parpol saat ini masih cair. Gerindra yang memiliki 3 kursi di DPRD Surakarta, harus berkoalisi dengan parpol lain untuk bisa mengusung calon.

DPP Gerindra tidak menampik hak DPC mengusulkan nama bakal calon di Pilkada ke DPP. “Yang disampaikan Pak Ardianto (Ketua DPC Gerindra Kota Sukarta Ardianto Kuswinarno) sudah sesuai mekanisme, cabang berhak mengusulkan, lalu Kawanbin (Ketua Dewan Pembina) yang putuskan,” ujar anggota Dewan Pembina DPP Gerindra Habiburokhman, Selasa (20/10/2019) malam.

Ketua Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto menerangkan, PKS membuka diri untuk Gibran Rakabuming Raka yang tidak dimajukan oleh PDI Perjuangan (PDIP).

“Bisa dibicarakan, saya kira ada peluang,” terang Sugeng sebagaimana dilansir dari TribunSolo.com, Rabu (25/9/2019). Kami (PKS) terbuka untuk Gibran,” jelas dia.

Namun, Sugeng menjelaskan, PKS sampai saat ini sudah memiliki penjaringan calon sendiri yang akan diusung dalam Pilakda Solo 2020.

Baca Juga:  Banyak yang tanya kenapa dibangun ruas-ruas tol lingkar Jakarta, ini jawaban Presiden Jokowi

Menurut dia, soal PDI Perjuangan tidak memajukan anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka adalah urusan rumah tangga masing-masing partai. @bam/licom_09