LENSAINDONESIA.COM: Peran GP Ansor sangat dibutuhkan dalam menjaga harmoni perdamaian dan persatuan. Hal itu dilontarkan oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah saat membuka Sosialisasi Hak Asasi Manusia (HAM) dengan tema Pendidikan HAM dalam rangka Penguatan Kesadaran HAM di Kalangan Pemuda.

Sosialisasi yang dibuka oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah pada Rabu, (29/10/2019), diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jombang bekerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor, di Gedung Islamic Center Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

Materi Sosialisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam rangka Penguatan Kesadaran HAM di Kalangan Pemuda disampaikan oleh DR. H. Moh. Ma’ruf, SH, MH. Dan untuk materi Perlindungan HAM Di Indonesia Dan Hak Memperoleh Informasi disampaikan oleh Andry Dewanto Ahmad SH.

Disampaiakan Wakil Bupati Jombang Sumrambah dalam sambutannya bahwa perpecahan atau konflik dinegeri ini karena perebutan kekuasaan, sebagaimana pada masa kerajaan tempo dulu. Bagaimana kita dapat belajar tentang sejarah masa lalu untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan.

Menurut Sumrambah, Banser Ansor adalah kekuatan yang akan menjaga keutuhan negeri ini. Untuk itu kita semua diharapkan menjadi teladan yang baik di lingkungan kita dimanapun kapanpun. Ansor Banser merupakan link perekat semua unsur masyarakat, sehingga bangsa ini tidak akan pernah runtuh.

Toleransi, saling menghormati, menghargai, itulah yang akan menjaga satu kesatuan kita. Rasa penghargaan terhadap sesama harus kita pertahankan,” tegas Sumrambah mengapresiasi gerakan pemuda yang solid dalam menjaga keutuhan NKRI dan harmoni di dalam bermasyarakat.

Apalagi di Kabupaten Jombang akan ada gelarab pesta demokrasi ditingkat akar rumput yang langsung bersentuhan (Pilkades Serentak), Wakil Bupati berharap seluruh elemen penggerak keutuhan terutama Ansor Banser harus menjadi teladan, mampu meredam konflik yang ada ditengah perbedaan pilihan, jangan mengakibatkan perpecahan di masyarakat.

“Kita harus saling menjaga keutuhan masyarakat, menjadi tauladan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jombang, Fahruddin Widodo mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan tahun ini pesertanya dari pengurus gerakan Pemuda Ansor se-Kabupaten Jombang baik itu dari 37 pengurus GP Ansor Kabupaten dan juga Pengurus ditingkat Kecamatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan HAM, serta menumbuhkan saling menghormati hak individu manusia,” pungkasnya.@Obi