Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kongres Pewarna harapkan wartawan Nasrani menjadi terang dan berkat buat masyarakat
Para wartawan berbagai media peserta Kongres Perwarna bertekad berkarya jurnalistik mencerahkan bagi masyarakat. @valen
HEADLINE

Kongres Pewarna harapkan wartawan Nasrani menjadi terang dan berkat buat masyarakat 

LENSAINDONESIA.COM: Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) diharapkan dapat menjadikan jurnalis yang berfungsi memberikan informasi, mendidik, menghibur dan memiliki daya kontrol bagi pemerintah. Tapi secara khusus, wartawan Nasrani diharapkan harus tampil beda.

“Wartawan Nasrani harus tampil beda, menjadi terang dan garam bagi sekelingnya di tempat kegelapan di tempat yang hambar,” ujar Agustinus Eko Raharjo, mantan Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden (KSP), di Kongres Pewarna, Sentul, Sabtu (2/11/2019).

“Kita harus menunjukkan hal yang beda, kita jangan membuat berita yang provokatif. Tapi, berita yang membuat tercerahkan, membuat orang merasa empati ketika membaca, ada rasa dekat dengan korban, ada rasa dekat dengan kelompok tertindas dan minoritas, menjadi wartawan yang membela, bukan hanya sekedar mengeksploitasi demi oplah di koran atau demi klik di media online. Tapi, menjadi inspirasi,” tegas Agustinus.

“Kita sekarang hidup di era digital. Link berita yang dihasilkan wartawan Nasrani bisa menjadi berkat buat masyarakat, lebih gampang dan lebih cepat menyebarkan kebaikan dan kebenaran di era ini. Itu sebabnya, wartawan
Nasrani harus terus berkarya sebaik-baiknya, agar melalui tulisan semua orang bisa membaca dan menyerap inspirasi kebaikan dan kebenaran, sejalan dengan Menteri Agama yang berupaya memberikan kesejukan kepada semua lapisan agama di masyarakat,” imbuh pria kelahiran Surabaya ini.

Jhon Panggabean SH, Penasehat Pewarna menambahkan, wartawan Nasrani selain menjadi pemberita kebaikan dan kebenaran diharapkan menjadi wartawan yang mampu memberikan informasi yang tepat. Sehingga, mencerdaskan pembacanya.

“Informasi yang tepat diyakini bisa menjadi didikan dan mencerdaskan pembacanya. Apa pun informasi yang diberikan dapat dipercaya. Sehingga bukan saja wartawannya yang disukai pembacanya, tetapi media di tempat wartawan itu bekerja menjadi media yang layak dipercaya,” sebutnya.

Baca Juga:  Menpora direncanakan hadiri lokakarnya 'Mencari Desain Pembinaan Pasca Rasionalisasi PON 2020'

Pewarna dalam kongres kedua ini selain mengagendakan pemilihan pengurus baru juga mengadakan seminar dan “talk show” bertemakan “Membangun Solidaritas dan Semangat Kebertautan Antar Anggota Sebagai Satu Entitas Yang Utuh”. @Valen