Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Sidak Pelatnas Basket SEA Games, Menpora kaget hari libur pemain sibuk latihan
Menpora Zainudin Amali bersama Timnas Basket Putri di GOR Kertajaya, Surabaya, Minggu (03/11/2019). FOTO: FREDY-LICOM
HEADLINE SPORT

Sidak Pelatnas Basket SEA Games, Menpora kaget hari libur pemain sibuk latihan 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan inspeksi mendadak ke lokasi latihan Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Indonesia yang dipersiapkan mengikuti SEA Games 2019 Filipina.

“Sekarang hari Minggu. Seharusnya pelatnas libur. Tapi mereka masih latihan, itu luar biasa,” ujar Menpora disela sidak di GOR Kertajaya, Surabaya, Minggu (03/11/2019) siang.

Menpora optimis kali ini di SEA Games 2019, timnas bola basket, khususnya tim putri kembali meraih medali setelah melihat semangat para pemainnya. Semangat itu ditunjukkan dengan berlatih pada hari libur.

Menteri asal Partai Golkar ini menyampaikan, target pemerintah untuk cabor bola basket SEA Games 2019 adalah lebih baik dari capaian prestasi di SEA Games sebelumnya.

“Dari pemerintah targetnya harus lebih baik dibanding SEA Games sebelumnya. Jangan berpikir sama dengan kemarin, harus lebih,” katanya.

Pada SEA Games 2017 lalu, timnas basket Indonesia hanya mampu meraih medali perunggu. Satu keping perunggu ini dipersembahkan oleh tim putri. Sedangkan putranya gagal meraih medali.

Zaiunudin Amali berpesan, tim cabor basket untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi SEA Games. Sebab, kata dia, Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia bola basket tahun 2023.

“Kalau atlet atau tim kita tidak siap, itu akan eman-eman (disayangkan). Kita sudah capai mempersiapkan infrastruktur dan sarana prasarana agar orang lain datang untuk bertanding di tempat kita, tapi tim kita sendiri kedodoran. Ini mumpung masih panjang waktunya,” paparnya.

Selin itu, dia juga mengingatkan kendala yang sering dialami oleh tim kita. Yakni, muncul rasa minder. Atau kurang percaya diri. Perasaan kurang percaya diri itu harus dihilangkan.

“Dengan siapapun bertanding, itu sama. Tidak boleh merasa mereka lebih baik dari kita. Itu yang selalu saya tanamkan kepada seluruh atlet Indonesia. Pemerintah pasti mensupport,” terangnya.

Baca Juga:  Kantor Redaksi Duta Masyarakat di Astranawa dieksekusi paksa, PWI Jatim lapor Polda Jatim

Sementara itu, terkait regulasi pemakaian pemain asing yang diterapkan tuan tumah Filipina, Zainudin Amali tidak mempersoalkan. Kebiasaan tuan rumah, akan selalu memaksimalkan cabor-cabor yang memungkinkan untuk menjadi juara umum.

“Dengan segala cara pasti mereka memaksimalkan cabor-cabor untuk bisa juara umum. Bukan hanya SEA Games, bisa Asian Games dan even-even lain,” imbuhnya.@fredy