Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
BI optimalisasi transaksi berbasis QR Code untuk rumah ibadah
Ilustrasi transaksienggunakan sistem QR Code. @dok.Istimewa
EKONOMI & BISNIS

BI optimalisasi transaksi berbasis QR Code untuk rumah ibadah 

LENSAINDONESIA.COM: Bank Indonesia kini tengah mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui inovasi bertransaksi dengan pemanfaatan teknologi di sistem pembayaran, seperti QR Code.

Gagasan tersebut telah di implementasikan pada penggunaan QR Code yng mengusung tema “Gerakan Elektronifikasi Rumah Ibadah, Pemecahan Rekor MURI penempelan QR Code terbanyak di kotak amal.

Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah menyampaikan, di tempat ibadah kita akan mengoptimalkan transaksi atau perputaran uang, baik yang berupa zakat, infaq, sedekah atau semacamnya, yang menggunakan uang tunai.

“Kita memandang perlu mendorong penggunaan QR Code sebagai salah satu tools untuk mempermudah dan memperbanyak alternatif cara bertransaksi untuk masyarakat,” tandas Difi dalam keterangan resmi yabg diterima Lensaindonesia.com, Minggu (10/11/2019).

Ia menambahkan, penggunaan QR Code sebagai alat multi transaksi kian berkembang saat ini.

“Halnya penggunaan uang elektronik LinkAja, OVO, dan Go-Pay,” tuturnya.

Sementara itu, Ridha Al-Amin, Manajer MURI mebgatakan, untuk pengelolaan dana, pemanfaatan QR Code ini juga diharapkan mampu meningkatkan transparansi manajemen dan akuntabilitas pengelolaan pendapatan serta pengeluaran bagi masing-masing pengelola Rumah Ibadah, sebab langsung masuk ke rekening tempat ibadah yang dikelola oleh pengurus.

“Kami berikan penghargaan MURI kepada Bank Indonesia dan perbankan di Jawa Timur dengan adanya implementasi elektronifikasi (pemasangan QRIS) lebih dari 1.000 rumah ibadah, bahkan ini tak hanya rekor Indonesia, tapi sudah masuk di rekor dunia,” papar Ridha.

Adanya Gerakan Elektronifikasi Rumah Ibadah ini, diharapkan bisa diikuti seluruh rumah ibadah di seluruh Indonesia, sehingga bisa menyerap potensi shodaqah dan infaq , dan mampu mendorong pengelolaan dana sosial lebih baik serta terwujud Sistem Pembayaran Indonesia yang Aman, Efisien dan Handal tentunya.@Rel-Licom

Baca Juga:  Dukung Presiden Jokowi bumikan Pancasila di kalangan milenial lewat musik dan film, Kombatan: Harus jadi gerakan bersama