Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Hebohkan festival di Tease Club, adu “the best” Dj dari Jakarta, Jatim, Jateng, Gorontalo dan Riau
Ketua Umum PDJI Jacky Musri menyerahkan piagama dan hadiah kepada juara 1 IDJC 2019 di Tease Club Jakarta. @valen
Entertain

Hebohkan festival di Tease Club, adu “the best” Dj dari Jakarta, Jatim, Jateng, Gorontalo dan Riau 

LENSAINDONESIA.COM: Indonesia Disc Jockey Championship (IDJC) 2019 even tahunan Persatuan Disc Jockey Indonesia (PDJI) yang digelar sejak 1985, kembali bergema dan heboh di kalangan dunia Dj di Jakarta.

Perhelatan memasuki November tahun 2019 ini diiikuti 16 peserta dari 5 Pengda. Yaitu, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa JTimur, Gorontalo, dan Riau.

Setelah berlangsung babak penyisihan di 5 pengurus daerah (Pengda), para pemenangnya dikirim di Jakarta untuk bertanding di sesi semifinal dan IDJC 2019. Sebanyak 16 disc jockey (dj) pada Jumat, 9 November 2019. Kemudian, 10 dj diseleksi dan bertanding pada final Sabtu, 11 November 2019.

Even ini semakin berkualitas profesional dan bergengsi, karena ketua penyelenggara IDJC 2019 di Tease Club, Jakarta Pusat, tetap ditangani langsung seorang Dj profesiona. Kali ini, Dj popular, yaitu Dj Naldo.

“Para pemenang di daerah yang dikirim ke Jakarta ini, mereka Dj terbaik di daerah masing-masing,” kata Dj Naldo.

Ketua Dewan Juri, Dj Ricky Sumendap, mengungkapkan, penilaian IDJC 2019 ini direvisi para Dj senior Indonesia. Ini dlakukan setelah melihat perlunya aturan penilaian peninjauan kembali. Tujuannya, agar kompetisi ini lebih menarik dan kreatif.

“Tahun-tahun sebelumnya, ada 7 kategori penilaian juri yang ditetapkan PDJI. Namun mulai tahun ini, kami merevisi kriteria penilaian menjadi 4 kriteria,” kata Ricky.

Keempat kriteria itu, yaitu mixing (40%), kreativitas (scratch, jugling, perangkat musik), musik aransemen (komposisi susunan lagu) dan performance (dipengaruhi oleh gimik badan yang luwes).

Berdurasi 6 menit, para peserta Dj saling menampilkan kepiawaian di hadapan juri. Maklum, para juri berpengalaman mengikuti kejuaraan disc jockey di dalam negeri maupun di luar negeri (DMC).

“Keseluruhan kategori penilaian hampir sama dengan penilaian kejuaraan Dj dunia DMC. Tapi, kita masih ada tambahan penilaian agar peserta memasukkan unsur musik etnik Indonesia pada penampilanannya,” tutur residen Dj di Club 36 dan Tease Club ini.

Baca Juga:  Malam ini, Lisensi Café Lounge Jakarta gebyarkan dua female disc jockey didukung para DJ senior

Ketua Umum PDJI Jacki Musri menginginkan, pada formula baru ini lebih banyak generasi milenial dan generasi Z yang menunjukkan kreatifitasnya ketika mengikuti IDJC 2019. Juga even di tahun-tahun mendatang.

“Kita berharap akan lebih banyak Dj yang kreatifitasnya kelihatan. Sehingga, lebih banyak Dj generasi milenial. Bahkan generasi Z. Supaya kita bisa menunjukkan bahwa Dj ini bisa menjadi profesi yang benar,” katanya.

“Bisa hidup dari situ. Tapi harus profesional, kreatif beneran, harus bisa menjadi entrepreneur, bisa jual dirinya dengan nilai jual yang tinggi. Sebab itu, tema IDJC 2019 ini adalah be creative or die, kita kalau tidak kreatif ya die,” sebut Jacky.

Penyelenggaraan IDJC ini dikenal para disc jockey sebagai festival supremasi Dj Indonesia. Sekaligus, akan mengadakan Rakernas PDJI tahun 2019. Dam, akan diikuti 20 pengurus daerah di Hotel Emporium Jakarta. @valen