Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ini komentar Mentan terkait Indonesia akan barter sawit dengan beras dan gula dari India
ilustrasi istimewa impor beras.
Bisnis

Ini komentar Mentan terkait Indonesia akan barter sawit dengan beras dan gula dari India 

LENSAINDONESIA.COM: Indonesia akan mengimpor beras dan gula (raw sugar) dari India, langkah ini merupakan bentuk sistem barter karena Indonesia telah menurunkan tarif masuk sawit dari India.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah menjelaskan langkah tersebut pada pekan lalu. Namun, kali ini Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menanggapinya, bahwa Indonesia tak bisa membatasi diri pada impor jika hendak mengekspor.

“Kita berencana akan ekspor ke India, untuk itu kita tidak boleh menutup keran dan kita juga harus bisa menerima mereka.Namun, tentu saja dengan melalui beberapa pertimbangan yang matang,” ujar Syahrul dalam Rakornas 2019 di Sentul-Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Namun, dari pembahasan impor terseut, Syahrul tidak menjelaskan secara detil besaran gula yang akan diserap dari India.

“Saya kira yang paling penting untuk saat ini adalah gula, sebab bagaimana pun juga gula masih enggak cukup,” tandas Syahrul.

Saat ditanya apakah ia menyetujui langkah impor tersebut, ia menjawab bahwa pihaknya bukan pengambil keputusan. Ia hanya menyatakan Indonesia masih membutuhkan pasokan gula.

“Kita lihat nanti saja lah, sebab hal itu sudah diputuskan di Kemenko,” tutup Mentan.@L6,Eld-Licom

Baca Juga:  Khofifah siapkan rusun dan biaya operasi wajah bayi Pandu pengidap Hydrocephalus