Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Khofifah targetkan Jatim juara umum Popnas 2019
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas para atlet Popnas yang akan berangkat ke Jakarta. FOTO: fredy-licom
HEADLINE JATIM RAYA

Khofifah targetkan Jatim juara umum Popnas 2019 

LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menargetkan Jatim menjadi juara umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019.

Target ini ditetapkan mengingat prestasi olahraga Jatim di tingkat pelajar tahun ini cukup menjanjikan. Pada 13 Nopember 2019 lalu,
para atlet pelajar penyandang disabilitas Jatim juga berhasil menjadi juara umum Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) IX 2019.

Atlet Paralympic Jatim itu membawa pulang 20 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu, mengungguli Provinsi Jawa Tengah pada peringkat kedua dan Provinsi Papua di peringkat ketiga.

“Kami berterima kasih dulu, Paparpenas juara umum. Sekarang ini Popnas, kita punya target, kalau juara umum minimal 48 emas mudah-mudahan bisa mencukupi untuk bisa memenuhi kebutuhan sebagai juara umum,” kata Khofifah saat melepas keberangkatan atlet Popnas Jatim di Grahadi, Jumat sore (15/11/2019).

Pada Popnas 2019 yang akan berlangsung di Jakarta mulai 16-25 Nopember 2019 di Jakarta nanti, Jatim akan memberangkatkan sebanyak 198 atlet pelajar.

Agar Jatim dapat meraih prestasi di Popnas, Khofifah telah meminta Supratomo Kepala Dispora Jatim sebagai Ketua Kontingen atlet pelajar Jatim untuk menghitung peluang juara umum itu.

Menurutnya Jawa Timur dan Indonesia secara umum sekarang sedang berolahraga. Jumat pagi tadi ada pembukaan pembinaan mental, karakter, dan penguatan semangat untuk para atlet Jatim peserta Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Hari ini juga masih berjalan, di Babel, Pekan Olahraga Korpri. Jadi Indonesia ini sedang berolahraga, mudah-mudahan sehat lahir sehat batin, dan Jatim, saya harap tetap berkontribusi bagi atlet nasional,” ujar Khofifah.

Pemusatan Pelatihan Daerah (Puslatda) KONI Jatim saat ini juga sedang mempersiapkan atlet untuk mengikuti SEA Games di Manila, juga ajang olahraga lainnya baik nasional dan internasional.

“Jadi, KONI sekarang ini sangat sibuk untuk menyiapkan atlet-atlet itu. Puslatda (Jatim) juga sudah siap-siap, sudah ada (atlet) yang akan mengikuti di Puslatnas (Pemusatan Latihan Nasional),” tambahnya.

Baca Juga:  Dukung Presiden Jokowi bumikan Pancasila di kalangan milenial lewat musik dan film, Kombatan: Harus jadi gerakan bersama

Sementara itu, Supratomo Kepala Dispora Jatim sebagai Ketua Kontingen Atlet Popnas Jatim menambahkan, secara realistis dia menghitung, baru ada peluang sebanyak 44 medali yang bisa didapatkan Jawa Timur.

Popnas yang tadinya 20 cabang olahraga di Papua sekarang menjadi hanya 13 cabor dengan sejumlah nomor unggulan Jawa Timur yang tidak dipertandingkan di Popnas.

“Kami memang banyak kehilangan cabor yang menjadi lumbung (medali) Jatim. Hitung-hitungan realistisnya, memang baru 44 (potensi medali emas). Untuk menjadi juara umum 48 (emas), 22 persen dari 221 nomor yang dipertandingkan,” imbuh Supratomo.@fredy