Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kerja sama tiga aspek, Pelindo III optimalisasikan sirkulasi keuangan dengan BNI
Pelindo III keja bareng BNI melalui program BNI Notional Pooling, BNI Virtual Account Debit dan Fasilitas Non Cash Loan melalui penandatanganan MoU (Most of Understanding).ist
Finance

Kerja sama tiga aspek, Pelindo III optimalisasikan sirkulasi keuangan dengan BNI 

LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III keja bareng BNI melalui program BNI Notional Pooling, BNI Virtual Account Debit dan Fasilitas Non Cash Loan melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding).

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Keuangan Pelindo III, Irvandi Gustari bersama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Adi Sulistyowati dan Pemimpin Divisi BUMN dan Institusi Pemerintah (BIN) BNI, Babas Bastaman.

Direktur Keuangan Pelindo III, Irvandi Gustari memaparkan, Pelindo III menyambut positif penawaran dari BNI untuk bisa melakukan segala akselerasi percepatan guna mewujudkan kelancaran operasional yang sejalan dengan proses bisnis perusahaan.

”Adanya sistem ini diharapkan mampu mengoptimalisasi dana berlebih di salah satu anak usaha, sehingga bisa meminimalkan biaya keuangan dan memaksimalkan return atas excess cash secara grup, dan ini memungkinkan pengelolaan dana perusahaan lebih fokus pada operasional untuk modal kerja, termasuk mengelola likuiditas operasional dan investasi jangka pendek,” papar Irvandi dalam keterangan resminya, Selasa (19/11/2019).

Sementara itu, Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI menyampaikan, selain kerjasama untuk pemenuhan likuiditas, Pelindo III dan BNI juga sinergi untuk pengelolaan dana operasional perusahaan melalui BNI Virtual Account Debit.

“Penggunaan Layanan BNI Virtual Account Debit di lingkungan Pelindo III diharapkan mampu mempermudah operasional, efisiensi transaksi, dan pencatatan seluruh aktifitas transaksi operasional bisa dipantau secara real time,” jelasnya.

Pelindo III telah memiliki anak usaha berbeda segmnen bisnisnya, ada yang bergerak di bidang kesehatan seperti PT PHC, pengelolaan sumber daya manusia seperti PT PDS, pengelolan marine services seperti PT PMS dan operasional kepelabuhanan seperti PT TPS, TTL dan BJTI. Selama ini pengelolaan dana mereka (masing-masing anak usaha) dilakukan secara mandiri.

Notional Pooling merupakan layanan cash management yang menawarkan mekanisme konsolidasi posisi saldo rekening peserta Notional Pooling. Layanan ini untuk mengoptimalisasi pengelolaan dana peserta yang tergabung dalam Grup Notional Pooling dan diakumulasikan secara agregat tanpa melakukan transfer dana antar rekening.

Baca Juga:  Lagi, Kabupaten Jombang raih penghargaan Peduli HAM 2019

Kerja sama lain juga dilakukan berupa pemberian Fasilitas Non Cash Loan untuk pembukaan letter of Credit (LC) dalam pengadaan/pembelian barang dan jasa perusahaan. Sebelumnya, Pelindo III dan BNI kerja bareng di aspek Integrated Billing System, Sistem Pembayaran H2H Layanan Kapal & Layanan Barang, Kartu E-Port, serta penggunaan solusi Cash Management BNI.@Rel-Licom