LENSAINDONESIA.COM: Ratusan anggota ormas Pemuda Pancasila mendatangi dealer PT Indomobil Nissan Datsun di Jl Basuki Rachmad Surabaya, Selasa (19/10/2019).

Mereka memprotes tindakan leasing PT Lapan Anam yang menarik paksa mobil Nissan Datsun Go dengan nomor polisi L 1636 SV milik Samsurin karena dianggap belum membayar cicilan selama 10 bulan. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (12/10/2019) di Jalan Dharmahusada Indah Surabaya.

Padahal, menurut keterangan Samsurin pihaknya sudah melakukan pembayaran selama delapan bulan. Namun, semua bukti pembayaran yang ia punya dinyatakan tidak masuk sistem karena sudah terblokir.

“Saya sudah membayar delapan bulan terhitung sampai Agustus. Artinya kalau sampai sekarang kurang dua bulan. Kalau memang sudah terblokir kenapa masih bisa membayar. Kemana uang yang saya bayar,” kata Samsurin Pengurus MPP Pemuda Pancasila.

Pihaknya menyesalkan kesalahan sistem pembayaran dari manajeman PT Nissan Financial Service Indonesia karena sangat merugikan debitur. Lebih lanjut, Samsurin meminta pihak leasing mengambalikan mobil yang diambil berikut barang-barang berharga yang terdapat di dalamnya.

“Kronologinya saya didatangi 15 orang yang kemudian mengambil mobil saya di jalan. Saya sudah berusaya menunjukkan bukti pembayaran tapi tidak dipedulikan. Jelas saya dirugikan. Mobil dirampas dijalan berikut barang didalamnya sampai sekarang belum dikembalikan,” jelas pria yang akrab disapa Surin ini.

Sementara itu Weisal Karni Pengacara LPPH Pemuda Pancasila Surabaya mendesak pihak PT Nissan Financial Service Indonesia (NFSI) untuk mengambalikan unit kepada debitur karena kesalahan terjadi pada sistem pembayaran.

“Tadi sudah ada keputusan mobilnya akan diantar kembali. Pihak Nissan sudah mengakui ada kesalahan dan memaklumi,” kata Weisal kepada wartawan.

Usai mendatangi dealer PT Indomobil Nissan Datsun di Jl Basuki Rachmad, ratusan anggota ormas Pemuda Pancasila pindah menuju kantor PT Nissan Financial Service Indonesia (NFSI) di Jl Dr Soetomo untuk mengambil unit yang akan dikembalikan sesuai yang dijanjikan pihak Nissan.@wan