Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Diskominfo Surabaya perkuat jaringan internet seluruh wilayah, ini tujuannya
Pembenahan infrastruktur jaringan fiber optik di berbagai wilayah di Surabaya. FOTO: iwan-LICOM
HEADLINE PROOTONOMI

Diskominfo Surabaya perkuat jaringan internet seluruh wilayah, ini tujuannya 

LENSAINDONESIA.COM: Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya terus melakukan pembenahan infrastruktur jaringan fiber optik di berbagai wilayah untuk memperkuat jaringan internet, utamanya di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Hal ini dilakuka agar pelayanan publik yang berbasis online dapat berjalan maksimal.

Kepala Dinkominfo Kota Surabaya, M. Fikser mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah fokus memasang jaringan fiber optik di wilayah Surabaya Barat.

“Kalau di tengah kota, semuanya sudah. Tak ada lagi jaringan internet di lingkungan Pemkot yang lemot,” ucap Fikser, Selasa (19/11/2019).

Dengan pembenahan jaringan, diharapkan layanan internet di kantor-kantor pemerintah kota berjalan stabil, di samping itu sewa bandwidth-nya juga bisa lebih hemat. Pasalnya, jika jaringan fiber optik terpasang, maka penggunaan bandwidth juga akan berkurang.

“Selain di kantor pemerintah, pemasangan jaringan fiber optik juga di taman-taman sekaligus untuk supplay CCTV,” terangnya.

Fikser mengungkapkan, jaringan fiber optik yang ada di Traffict Light nantinya terkoneksi dengan CCTV berbasis Face Recognation, teknologi yang bisa mengidentifikasi wajah seseorang secara digital. “Face Recognation nanti mengikuti jaringan yang kita bangun,” katanya.

Kepala Dinkominfo Kota Surabaya, M. Fikser.

Berdasarkan data Dinkominfo, pada tahun 2019 jaringan fiber optik yang terpasang sepanjang 80 kilometer. Jaringan Fiber optik tersebut dipasang di kawasan pinggiran Surabaya Timur.
“Di tengah kota semua sudah fiber optik, sedangkan 80 kilometer ini untuk wilayah pinggiran,” papar Fikser.

Bahkan, di tahun 2020, Fikser mengungkapkan pemasangan jaringan fiber optik diproyeksikan untuk wilayah Surabaya Barat dan Utara. Apabila pemasangan jaringan fiber optik di tahun 2020 tuntas, maka layanan internet di lingkungan Pemkot Surabaya bebas lemot sudah clear.

“Ini artinya, jaringan internet dan CCTV yang terpasang di berbagai wilayah Kota Surabaya tidak putus-putus,” tegasnya.

Baca Juga:  Gubernur Ganjar tempeli mobil dinas Pemprov stiker “Nek Aku Korupsi, Ora Slamet”

Jaringan fiber optik yang terpasang di sejumlah kawasan kota, selain melayani kantor pemerintah kota, ruang publik, juga Broadband Learning Center (BLC). BLC merupakan sarana pembelajaran komputer dan internet gratis bagi warga Kota Surabaya, sebagai upaya mencerdaskan masyarakat. Jumlah BLC di Kota Surabaya terus bertambah, saat ini sebanyak 52 titik.

“Tahun ini ada penambahan BLC yang kita pasang di Sememi, Rusun Tambak Wedi dan Rusun Keputih. Pemasangan di rusun-rusun, supaya anak-anak warga yang tinggal di situ bisa belajar teknologi komputer dan lainnya,” katanya.@wan