LENSAINDONESIA.COM: Nama politisi senior Fandi Utomo muncul sebagai jawara dalam situs polingkita.com sebagai calon Wali Kota Surabaya pada pilkada 2020.

Mantan Anggota DPR RI ini mendapat nilai 44,5 persen. Disusul Laksamana Untung Suropati 15 persen dan Eri Cahyadi pada posisi ketiga dengan 7,2 persen.

Capaian Eri Cahyadi dinilai cukup menjadi sorotan. Nama Kepala Bappeko Surabaya ini juga disebut sering diendorse Wali Kota Risma, bahkan melewati beberapa nama lain yang santer disebut di bursa Pilwali Surabaya. Sebut saja mereka adalah Whisnu Sakti, Gus Hans. Hasil polling Eri bahkan juga jauh melebihi cucu Bung Karno, Puti Guntur.

Menanggapi hasil polling yang ada, peneliti senior Surabaya Survey Center Surokim Abdussalam menilai jika politik akan selalu berjalan dinamis. “Banyak faktor X nya (sosiologis, psikologis, rasional). Ada juga momentum,” ujarnya.

Kalangan Millenials pun, menurut Rokim, bakal menjadi tantangan serius. “Di era kekinian dimana jumah millenials dominan, itu juga menjadi tantangan yang tidak mudah. Tinggal dilihat saja bagaiamana potensi atas faktor itu. Kalau bagus, ya maju saja,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditulis, polling masih bisa dilakukan melalui https://pollingkita.com/19456. masyarakat untuk berpartisipasi dalam polling online tersebut.@wan