LENSAINDONESIA.COM: Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bersama SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung, Kabupaten Jombang, menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Undang- undang 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Sosialisasi dihadiri oleh Anggota MPR RI Abdul Hakim Bafagih dan sekitar 150 guru sekolah dan jajaran pengurus Muhammadiyah se-Kabupaten Jombang ini dilaksanakan di Aula SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung, Jumat (29/11/2019).

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung Drs. H. Abdul Qodir, M.A. mengatakan, kegiatan ini untuk menyelaraskan dan mendukung apa yang diprogramkan oleh MPR RI yaitu menegakkan 4 Pilar Kebangsaan dan Kenegaraan.

“Muhammadiyah memiliki kontribusi yang besar terhadap Indonesia sebagai bangsa dan negara. Bahkan jauh sebelum merdeka,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota MPR RI Abdul Hakim Bafagih mengungkapkan, keyakinannya bahwa Muhammadiyah melalui lembaga-lembaga pendidikannya akan tetap menegakkan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan ini.

“Penegakan 4 Pilar Kebangsaan di sekolah memang harus disesuaikan dengan jaman, bukan hanya dalam bentuk formalitas tapi bagaimana menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Menurut Hakim, nilai semangat pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, maupun Bhinneka Tunggal Ika (NKRI) betul-betul harus dijaga dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berakhlaq dan berkemajuan.@obi