Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Demi cinta, Pemuda Sumut deklarasi APARA
Aliansi Pemuda Sumatera Utara (APARA) melakukan deklarasi sekaligus diskusi seputar proyeksi masa depan Sumatera Utara dengan tajuk "Peran Pemuda dalam Birokrasi". (foto: istimewa)
AKTIVIS

Demi cinta, Pemuda Sumut deklarasi APARA 

LENSAINDONESIA.COM: Aliansi Pemuda Sumatera Utara (APARA) melakukan deklarasi sekaligus diskusi seputar proyeksi masa depan Sumatera Utara dengan tajuk “Peran Pemuda dalam Birokrasi”.

Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta bidang Pemuda dan Olahraga, Gian Felanroe Sitorus mengatakan bahwa peran pemuda dalam reformasi birokrasi sangat besar. Pentingnya melibatkan pemuda dalam birokrasi diharapkan mampu memberi warna baru dalam pemerintahan.

“Dalam semangat kedaerahan peran pemuda memiliki peran yang vital dan sentral dalam semua aspek; sosial, budaya, agama dan pemerintahan itu sendiri. Konkritnya dalam berbagai ide, gagasan yang inovatif dan kolaboratif dalam keberagaman,” ujar Gian di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Gian juga berharap APARA mampu menjadi jembatan atas mata rantai keberagaman yang sudah mulai terputus untuk dirapatkan kembali dalam semangat kebersamaan. APARA harus menjadi wadah silaturahim bagi pemuda-pemudi yang merantau di Jakarta.

“Dengan berdirinya APARA diharapkan dapat menjadi motor pergerakan pemuda yang membangun dan memberikan kemajuan pada kampung halaman yang menjadi rumahnya dalam bahasa persatuan,” tambah Gian.

Usai diskusi, agenda kemudian dilanjutkan dengan Deklarasi. Deklarasi berlangsung sederhana namun khidmat dan kaya akan makna, karena dilakukan atas dasar kecintaan terhadap tanah kelahiran. “Deklarasi ini kita laksanakan berdasarkan kecintaan kita terhadap tanah kelahiran, Sumatera Utara. Kita memiliki cita-cita bahwa Sumatera Utara harus menjadi kiblat Provinsi di seluruh Indonesia dari segi sosial, budaya, ekonomi dan lain-lain,” ungkap Ilham Fadly, Koordinator Presidium APARA sekaligus penanggung jawab deklarasi.

Dalam konferensi pers, Dewan Pembina APARA menyampaikan bahwa masa depan Sumatera Utara berada di tangan pemuda saat ini. “Mempersiapkan masa depan Sumatera Utara adalah suatu keharusan yang bersifat mutlak, dan menjadi tanggung jawab pemudanya. Salah satu kualitas yang harus dimiliki SDM terkhusus pemuda adalah penguasaan terhadap perkembangan Teknologi,” ujarnya.

Baca Juga:  Aliansi kota Santri lawan kekerasan seksual desak Polres Jombang tindaklanjuti laporan pencabulan

Togar Pasaribu selaku salah satu Dewan Pembina. Togar berharap ke depan APARA mampu menjembatani kebutuhan akan SDM berkualitas di bidang Teknologi.

“APARA akan kita jadikan wadah pencetak pemuda berkualitas melalui program-program pelatihan digital meliputi Digital Trading, Digital Commerce, dan lain sebagainya, dengan harapan kita mampu memanfaatkan digitalisasi sebagai peluang bisnis,” tambahnya.

Siti Fatimah Siagian sebagai salah satu Dewan Pembina APARA juga menambahkan bahwa mempersiapkan perempuan berkualitas merupakan hal yang sangat penting. “APARA juga tentu tidak akan melupakan kebutuhan upgrade kualitas perempuan. Perempuan sebagai kunci dalam mempersiapkan generasi berkualitas juga harus mendapatkan perhatian khusus,” tegasnya.

Ditempat terpisah, salah satu Dewan Penasehat yang juga Lawyer, Robi Anugrah Marpaung menyebut bahwa APARA memiliki potensi besar dalam memajukan Sumatera Utara. “Para fungsionaris dan personel APARA ini adalah adik-adik saya yang semangat dan potensinya luar biasa. Melihat latar belakang mereka yang merupakan tokoh-tokoh pemuda yang berkecimpung dalam organisasi besar dan memiliki pemikiran dan ide cerdas, saya yakin kontribusi mereka dalam pembangunan Sumut akan memberi dampak yang positif. Saya akan turut mengawasi dan memberikan nasihat kepada mereka. Semangat untuk adik-adikku,” tutupnya.

Ketika ditanya awal mula berdirinya APARA, Roni Marwan menjelaskan bahwa awalnya hanya sebagai ajang berkumpul dan sekedar makan siang bersama di beberapa kesempatan. “Kita sering mengadakan kumpul bersama, sekedar makan siang dan silaturahim antar sesama anak Sumut. Lama kelamaan, ada diskusi yang terbangun. Lalu tergerak kita untuk membentuk perkumpulan,” ujar Roni.

APARA menargetkan dalam waktu dekat akan diadakan agenda rapat kerja untuk menyusun program pokok jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Pengadaan sekretariat bersama merupakan salah satu target real yang ingin dicapai.

Baca Juga:  139 perusahaan diapresiasi Pelindo III di “Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri”

“Kita akan fokus untuk mengadakan sekretariat di awal ini. Karena untuk menunjang kinerja perkumpulan, tentu harus ada wadah yang harus kita siapkan. Sekretariat akan kita jadikan program kerja khusus,” tutup Roni.@licom