Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kejuaraan Sepakbola Usia Dini Bina Sentra FC di Sidoarjo diikuti 24 tim SSB ternama
Kejuaraan Sepakbola Usia Dini Bina Sentra FC di Sidoarjo. FOTO: fredy-LICOM
HEADLINE SPORT

Kejuaraan Sepakbola Usia Dini Bina Sentra FC di Sidoarjo diikuti 24 tim SSB ternama 

LENSAINDONESIA.COM: Sebagai bagian dari upaya mencari bakat-bakat baru di cabang sepakbola di usia dini, Bina Sentra Akademi sepak bola yang berpusat di Cirebon Jawa Barat, menggelar gelar kejuaraan sepakbola usia dini 10 dan 12 tahun.

Lebih dari 24 tim dari sekolah sepak bola (SSB) ternama, akademi, dan klub terbaik di Indonesia telah ambil bagian dalam festival Anniversary Bina Sentra yang dihelat di Lapangan Pahlawan Soccer Bangah, Sidoarjo, 29 November hingga 1 Desember 2019.

Ahmad Yari Perwakilan dari Bina Sentra Akademi Jawa Timur mengatakan, kejuaraan ini sebenarnya sudah memasuki tahun keenam. Namun baru pertama kali Jawa Timur ketempatan menggelar event ini.

“Di ikuti masing-masing kelompok usia sekitar 24 tim, karena mepetnya waktu dan sosialisasinya di Jawa Timur. Dari masing-masing usia jadi 16 tim, saya kira ini adalah awal yang bagus. Karena dari 16 tim ini saja kita sudah mengantongi beberapa nama,” kata Ahmad Yari yang juga Pengurus Assosiasi Kota Askot PSSI Surabaya pada Minggu (01/12/2019).

Meski baru pertama kali digelar di Jawa Timur, namun ia mengaku optimis. Ini karena banyak bakat-bakat baru yang muncul dan Jatim sekaligus menjadi satu diantara barometer pembinaan sepakbola di Indonesia.

Ada progres dan program yang mau di laksanakan oleh bina sentra pusat, yaitu membidik talenta-talenta dari Jawa Timur. Karena sementara ini masih di sekitar Jawa Barat dan Sumatra yang banyak pemain-pemain yang ada di bina sentra pusat. Sebenarnya di Jawa Timur sudah banyak, yang munculnya dari Timnas berawal dari bina sentra.

Ahmad Yari menambahkan, dari hasil kejuaraan ini, per kategori nantinya hanya akan di ambil satu klub yang terbaik. Untuk 10 tahun akan di ambil hanya yang juara. Demikian juga dengan yang usia 12 tahun.

Baca Juga:  Istana manfaatkan kecerdasan buatan “AI” untuk percepat tugas Pemerintah dan ASN

“Siapa yang terbaiklah yang nantinya akan diikutkan babak final di Cirebon Jawa barat 20 Desember mendatang. Nantinya mereka yang terbaik juga akan dibina di Bina Sentra dan diikutkan berbagai kejuaraan lokal ataupun luar negeri,” imbuhnya.

Sesudah melewati persaingan ketat selama tiga hari, klub Perseka Kalimati Tarik Krian akhirnya berhasil meraih gelar juara untuk kategori 10 tahun dan berhak berangkat ke Cirebon. Sementara untuk kategori 12 tahun, juaranya diraih Sidoarjo Muda.

Berharap pelaksanaan ini sesuai rencana, tidak ada kendala, dan berjalan sesuai dengan pembinaan pemain muda. Ini akan menjadi salah satu festival nasional terbesar di Indonesia dengan melibatkan usia dini

Para pemenang akan mendapatkan piala, medali, dan uang pembinaan dari Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) serta sertifikat dari Kemenpora.@fredy