Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Sampoerna Retail Community bantu dongkrak omset toko kelontong di Surabaya
Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) di Festival SRC Indonesia 2019 di Parkir Timur Delta Plaza, Kota Surabaya, Minggu (01/12/2019). Ist
EKONOMI & BISNIS

Sampoerna Retail Community bantu dongkrak omset toko kelontong di Surabaya 

LENSAINDONESIA.COM: Ribuan pelaku UKM hadir di Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) di Festival SRC Indonesia 2019 di Parkir Timur Delta Plaza, Surabaya, Minggu (01/12/2019).

Festival yang berkolaborasi dengan Prmprov Jatim ini merupakan rangkaian festival yang berlangsung di 13 kota Indonesia selama 17 November hingga 8 Desember 2019 ini bertujuan mendongkrak daya saing UKM sektor retail sekaligus memperkenalkan ekosistem SRC untuk masyarakat luas.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan mewakili Gubernur Jawa Timur mengatakan, pihaknya mengapresiasi program pembinaan UKM yang dilakukan Sampoerna melalui SRC.

“Pemerintah Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengajak SRC menjadi relawan Garda Indag membantu memonitor harga dan stok bahan pokok makanan, khususnya akhir tahun. Selain itu, mengajak SRC memggelar sosial Jumat Berkah, yakni penjualan produk murah di tempat ibadah tiap hari Jumat,” papar Drajat.

Kolaborasi SRC dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur merupakan wujud sinergi dengan Nawa Bhakti Satya, sembilan pokok program Pemprov menuju Jatim Sejahtera.

Selain Garda Indag dan Jumat Berkah, kolaborasi ini juga dituangkan melalui pendampingan UKM Sreseh yang akan bekerja sama dengan SRC di Pamekasan untuk jaringan pemasaran melalui Pojok Lokal, yang merupakan wadah khusus untuk memasarkan produk UKM di toko-toko yang tergabung dalam jaringan SRC.

Perwakilan Paguyuban SRC Jawa Timur, Sri Utari menyampaikan inisiatif ini datang dari paguyuban SRC sebagai semangat untuk menciptakan perubahan dari hal-hal kecil di lingkungan sekitar.

“Hadirnya SRC untuk masyarakat, peluang baru bagi UKM di lingkungan sekitar dapat diwujudkan bersama-sama,” ujar Sri Utari.

SRC merupakan jaringan toko kelontong masa kini binaan Sampoerna yang secara konsisten telah berjalan selama 11 tahun. Pada awal terbentuk di tahun 2008, SRC beranggotakan 57 toko kelontong di Medan dan saat ini sudah lebih dari 120.000 toko yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia bergabung, dan di Jawa Timur tercatat lebih dari 13.000 SRC.

Baca Juga:  Pelatihan bikin martabak manis ala chef Eko, bikin ibu-ibu ketagihan

Head of Zone Jawa Timur, Melinda Siauw menyatakan bahwa melalui SRC, Sampoerna memberikan dukungan non-moneter berupa pelatihan manajemen toko, pengembangan bisnis, infrastruktur berbasis digital, hingga perluasan jaringan sosial melalui komunitas paguyuban.

“Program pembinaan UKM terintegrasi yang kami jalankan melalui SRC bertujuan untuk meningkatkan daya saing toko kelontong dengan menumbuhkan semangat kewirausahaan kepada pemilik toko kelontong sebagai pelaku UKM, melalui dukungan secara berkelanjutan mulai dari pemberdayaan hingga pembangunan kapabilitas UKM,” tutur Melinda.@Rel-Licom