Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Capaian 2019, Pelindo III lampaui target hingga 5 persen
Doso Agung, Dirut Pelindo III saat rapat kerja (raker) guna mengevaluasi capaian 2019 sekaligus menyusun target dan rencana kerja baru di tahun 2020, Senin (02/12/2019). ist
Bisnis

Capaian 2019, Pelindo III lampaui target hingga 5 persen 

LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III menggelar rapat kerja (raker) guna mengevaluasi capaian 2019 sekaligus menyusun target dan rencana kerja baru di tahun 2020, Senin (02/12/2019).

Dalam Rapat kerja bertajuk sinergi nasional menuju Indonesia maju, Pelindo III menghadirkan perwakilan pemerintah daerah dari delapan provinsi di wilayah kerja Pelindo III (Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, NTB, NTT dan DIY) serta pemerintah pusat dari 5 Kementerian (ESDM, Pertanian, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Kemenko Kemaritiman) berikut Kejaksaan yang bertujuan membentuk sinergi dengan pemerintah daerah di wilayah kerja Pelindo III.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung cukup bangga atas capaian Pelindo III di tahun 2019 ini yang rata-rata melampaui target 2-5%. Di tahun depan, ada beberapa hal strategis yang harus dicapai antara lain pengembangan pelabuhan baru dan kawasannya yakni Pelabuhan Bajo dan Santong, Program Human Capital Global Standard Talent melalui integrated talent management and learning management, digitalisasi port industry 4.0, modernisasi alat fasilitas pelabuhan, sinergi dalam rangka ketahanan energi dan yang tak kalah penting yaitu holding BUMN Maritim dan Pelindo Incorporated.

“Pastinya saya berharap dari pertemuan ini untuk menyamakan persepsi antara pemerintah sebagai pemangku kebijakan dan BUMN sebagai lokomotif pembangunan sehingga mampu melangkah lebih cepat dan kerja lebih optimal,” tandas Doso.

Doso menambahkan, raker kali ini menghadirkan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah untuk bagaimana akselerasi ekspor tiga kali lipat dapat terwujud.

“Di tahun 2020 kami harap investasi dan program kerja mampu terserap dan terlaksana sesuai sasaran. Kami juga memiliki IT yang terintegrasi di seluruh pelabuhan nantinya kami bisa join supaya kemudahan ekspor bisa terwujud. Selama ini, ekspor kita terkendala dokumen, kapal, container. Adanya data yang disampaikan Menteri Pertanian, kita tahu per wilayah aatu kabupaten kadar kemampuan ekspornya sehingga memudahkan kita untuk meningkatkan ekspor,” tegasnya.

Baca Juga:  Aksi massa atasnamakan “Harimau Patriot” tuntut mundur Ketua DPRD, soal Kartu Sehat NIK

Di kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memaparkan, pihaknya menginginkan pelabuhan lebih terakses maksimal, dan praktis sehingga kegiatan ekspor lebih mudah untuk melakukan akselerasi.

“Saya bersama jajaran gubernur maupun bupati akan menggenjot ekspor. Target ekspor kita tiga kali lipat dari sekarang ini dengan margin yang sangat besar. Salah satu yang saya harapkan dari pertemuan ini, Pelindo harus mampu memacu energi baru agar proses-proses di pelabuhan itu aman, berdasarkan aturan tapi tidak ribet, online system juga harus dibuka agar akselerasinya bisa lebih cepat,” terangnya.

Secara terpisah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merespon baik rencana Pelindo III untuk meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah di wilayahnya. Kendati sebelumnya sinergi antara Pelindo III berjalan cukup baik dengan adanya pelabuhan Tanjung Mas dan fasilitas penyeberangan wisatawan menuju Karimun Jawa, kehadiran Pelindo III tetap di nantikan untuk andil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jateng hingga 7% di tahun 2024 melalui pembangunan pelabuhan barang di Kendal dan Kudus sebagai gerbang ekonomi kreatif dan wisata.

“Kami ingin mengundang kapal cruise untuk sandar di pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk over night, di Jawa Tengah, kami akan buatkan paket-paket wisata menarik di Jawa Tengah mulai Solo, Semarang, DIY, Jogyakarta, dan wilayah lain. Dengan demikian, harapan kami para turis bisa berbelanja lebih banyak untuk meningkatkan pasar ekonomi melalui pariwisata,” pungkasnya.@Rel-Licom