Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Papua kembali kondusif  dan terkendali, Karyono: Badan Intelejen berhasil melakukan operasi
Ilustrasi aparat TNI nampak mengawal penyaluran BBM satu harga di Kota Jayapura,beberapa waktu lalu, dan kondisi masyarakat sudah kondusif. @foto: ist
HEADLINE

Papua kembali kondusif dan terkendali, Karyono: Badan Intelejen berhasil melakukan operasi 

LENSAINDONESIA.COM: Kondisi keamanan di Papua pasca aksi teror ketenangan masyarakat, kini mulai kondusif dan terkendali. Pengamat politik dari Indonenesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, teror yang dilakukan sehari jelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) di kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia, belum mampu menggoyahkan sistem keamanan nasional.

Aksi teror OPM itu, Karyono mencermati, dapat diantisipasi secara baik oleh aparat intelijen dan keamanan. Aksi tersebut sudah terpola, yakni setiap menjelang ulang tahun OPM pada 1 Desember selalu ada aksi yang bertujuan menunjukkan eksistensi dan mencari perhatian dunia.

“Terciptanya kondusifitas ini, tentu tidak terlepas dari peran Badan Intelijen Negara (BIN) yang berhasil dalam melakukan operasi cipta kondisi Papua aman dan damai”, kata Karyono dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2019).
Keberhasilan BIN dalam menciptakan kondisi keamanan negara ini, Karyono menilai, memang tidak terlepas dari kepemimpinan Budi Gunawan (BG) sebagai orang nomor satu di lembaga yang menjadi mata dan telinga negara.

Karyono Wibowo. @dok. ist

“Terlepas suka atau tidak, sosok BG yang cool dan berwibawa, mampu membuktikan kecerdasan dan kepiawaian membangun sinergi dengan institusi TNI dan Polri, serta institusi lainnya untuk menciptakan situasi kemanan negara”, imbuh Karyono.

Karyono memaparkan, sinergisitas dan saling percaya antar institusi merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menciptakan kondisi keamanan. Dan dalam hal ini, kata dia, Kepala BIN Budi Gunawan mampu memainkan peran penting.

“Berkat sinergisitas yang terbangun dengan baik, maka aparat keamanan tidak hanya berhasil memulihkan kondisi keamanan di Papua. Tapi, juga mampu menangani dan mengendalikan situasi keamanan saat pelaksanaan Pilpres 2019, pasca-Pilpres hingga pelantikan presiden”, pungkas Karyono. @licom_09