LENSAINDONESIA.COM: Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memotivasi para pemain sepakbola Jatim mejelang kualifikasi PON cabang sepakbola yang digelar pada 6-10 Desember 2019 di Gelora Delta Sidoarjo.

Pada kesempatan itu, Emil menyampaikan beberapa pesan khusus. Kata dia, ada beberapa aspek mengapa sebuah tim tidak bisa sukses meraih kemenangan.

Menurutnya, performa adalah hal utama yang harus dijaga. Para pemain tak boleh melanggar jadwal istirahat guna tetap mempertahankan performa.

“Yang kedua adalah disiplin. Para pemain harus bisa menjaga kedisiplinan ketika akan bertanding. Terutama satu hari jelang pertandingan mereka harus bisa menjaga. “Siapa yang tahu kenapa dulu pra PON, gagal lolos ke PON,” kata Emil kepada pemain, di Sun City Sidoarjo, Kamis malam (05/12/2019).

Emil menambahkan kunci utama kesuksesan tim selain disiplin adalah menjaga performa tubuh. “Karena apa? Jika melanggar, fisik akan cepat berubah apalagi pertandingan kurang satu hari. Kalian harus optimistis akan pertandingan besok,” imbuhnya.

Didampingi oleh pelatih Tim Pra PON Jawa Timur, Rudi Ketjles, para pemain sepak bola Jatim ini melakukan dialog singkat, dan berfoto bersama.

Diketahui di pertandingan pertama, babak kualifikasi Pra PON Papua, Jawa Timur akan berhadapan dengan Kalimantan Selatan. Nantinya dari grup II ini diambil satu yang melaju ke PON Papua 2020, dalam grup ini ada tiga daerah yakni Jawa Timur, DIY Jogjakarta dan Kalimantan Selatan.@fredy