Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Banyak yang tanya kenapa dibangun ruas-ruas tol lingkar Jakarta, ini jawaban Presiden Jokowi
HEADLINE

Banyak yang tanya kenapa dibangun ruas-ruas tol lingkar Jakarta, ini jawaban Presiden Jokowi 

LENSAINDONESIA.COM: Saat meresmikan pengoperasian jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) II ruas Kunciran-Serpong, Presiden Joko Widodo mengungkapkan adanya banyak pihak bertanya alasan dibangunannya ruas-ruas jalan tol yang melingkari Jakarta bagian luar mulai dari Cengkareng sampai hingga Cilincing, sehingga menghubungkan Jakarta dengan Tangerang, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Presiden mengatakan, pertanyaan itu dijawabnya bahwa pembangunan jalan tol tersebut dimaksudkan untuk mempercepat mobilitas masyarakat dan transportasi logistik. Utamanya dari Banten menuju Jakarta dan sebaliknya.

“Saya sering mendengar keluhan orang yang bolak-balik dari Banten-Jakarta dan Jakarta-Banten. Pak, kita ini bisa tua di jalan karena macet. Kerugiannya besar sekali baik dari sisi waktu yang terbuang di jalan yang menyebabkan daya saing kita akan semakin tergerus, maupun dari sisi biaya yang kita keluarkan untuk biaya BBM,” kata Presiden Jokowi pada acara peresmian, Jumat (5/12/2019).

Padahal, lanjut Jokowi, sebagaimana yang sering ia sampaikan, di era persaingan antarnegara yang semakin sengit, kecepatan akan sangat menentukan di mana yang cepat akan mengalahkan yang lamban.

Berkaitan hal itu, pembangunan jalan tol ini juga akan menghubungkan kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten. Sehingga, distribusi logistik akan jauh lebih mudah, utamanya distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak.

“Jadi, jalan tol akan menyambungkan sentra-sentra produksi dengan sentra-sentra distribusi. Semakin tersambung, maka akan semakin efisien. Artinya, daya saing kita akan semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk-produk kita yang juga akan semakin meningkat,” tuturnya.

Tidak kalah penting pula, terhubungnya seluruh ruas jalan tol ini akan mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyangga Jakarta. Kejenuhan investasi di Jakarta ke depannya dapat dilimpahkan ke Banten, karena konektivitas kedua provinsi yang semakin tersambung. Dengan demikian ekonomi Banten dapat bergerak lebih cepat lagi.

“Kita harapkan ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi,” tandas Presiden dikutip Biro Pers Media, dan Informasi Sekretariat Presiden. @licom_09