LENSAINDONESIA.COM: Jelang Natal 2019 dan tahun baru (Nataru) 2020, Pelindo III bakal mengcover 20 ribu pemudik berupa angkutan mudik bus gratis ke sejumlah kota tujuan.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, layanan mudik gratis natal dan tahun baru 2019 ini merupakan pola untuk meningkatkan kualitas layanan untuk penumpang kapal yang sandar di pelabuhan Pelindo III, selain program ini juga untuk lebih mendekatkan perusahaan kepada masyarakat.

“Ini merupakan salah satu upaya Pelindo III untuk memberikan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Kita akan memberikan layanan angkutan mudik berupa bis gratis ke sejumlah kota mengingat cukup tingginya jumlah pemudik Natal dan tahun baru yang singgah di pelabuhan, sehingga kami harapkan mereka mendapatkan kenyamanan dalam program ini,” tandas Doso Agung dalam keterangan resminya, Sabtu (07/12/2019).

Ia menambahkan, rencana fasilitas angkutan bus mudik gratis ini bakal berlaku di tiga pelabuhan di naungan Pelindo III di antaranya Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya dan Tenau Kupang Nusa Tenggara Timur.

“Dari 3 pelabuhan itu, para pemudik akan langsung diantar hingga ke sejumlah kota tujuan menggunakan bus di antaranya menuju Soe dan Kefa untuk wilayah pelabuhan Tenau Kupang, Solo dan Jogja untuk wilayah pelabuhan Tanjung Mas serta Bojonegoro, Kediri, Ngawi, dan Madiun untuk penumpang dari wilayah pelabuhan Tanjung Perak,” papar Doso.

Fasilitas angkutan mudik gratis ini nanti akan bisa dinikmati penumpang di tiga pelabuhan tersebut mulai tanggal 18 hingga 25 Desember 2019. Para penumpang tak perlu mendaftar, namun bisa langsung menggunakan fasilitas bus yang sudah disediakan oleh Pelindo III di masing masing pelabuhan. Program ini akan menjadi agenda rutin Pelindo III tiap tahunnya.@Rel-Licom