Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jaring Bacawali, PKS Surabaya gelar Pemilu Internal Tahap 2
Pemilu internal menjaring figur Bacawali di Kantor DPD PKS Kota Surabaya, Minggu (08/12/2019). FOTO: iwan-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Jaring Bacawali, PKS Surabaya gelar Pemilu Internal Tahap 2 

LENSAINDONESIA.COM: DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya menggelar pemilu internal untuk menjaring figur Bakal Calon Wali (Bacawali) dalam Pilkada Surabaya 2020.

Pemilu internal yang digelar di kantor DPD PKS Kota Surabaya itu diikuti oleh seluruh perwakilan 154 anak ranting dengan menggunakan sistem e-voting.

Ketua DPD PKS Kota Surabaya Akhmad Suyanto menyampaikan, hasil pemilu internal tahap 2 ini akan diserahkan kepada DPW PKS Jatim

“Jadi pemilu internal tahap dua ini bisa dibilang lebih demokratis dan egaliter karena pemilihnya sampai akar rumput tingkat ranting. Jadi kita diminta satu suara memilih tiga nama dari sepuluh calon yang ditentukan. Nanti hasilnya kita serahkan kepada DPW PKS Jatim,” kata Akhmad Suyanto kepada wartawan usai membuka acara, Minggu (08/12/2019).

Adapun 10 nama calon yang diusulkan oleh DPW PKS Jatim dalam pemilu internal tahap dua Bacawali Surabaya 2020 adalah Sigit Sosiantomo (Anggota DPR RI), Ahmad Jabir (Ketua MPW PKS Jawa Timur), Akhmad Suyanto (Ketua Umum DPD PKS Kota Surabaya sekaligus anggota DPRD empat periode) lalu Reni Astuti (Wakil Ketua DPRD Surabaya).

Selain itu ada juga Fatkur Rohman (anggota DPRD Surabaya tiga periode sekaligus Sekretaris MPW PKS Jawa Timur), Ibnu Shobir (anggota DPRD Surabaya sekaligus Ketua Bidang Pembangunan Keumatan dan Dakwah DPW PKS Jatim), Achmad Zakaria (anggota DPRD Surabaya periode 2014 – 2019 sekaligus Ketua Bidang Kepemudaan DPW PKS Jawa Timur), Dwi Koryanto (mantan Cawabub Jember), Yulyani (mantan anggota DPRD Surabaya) dan Yusuf Rohana (Bendahara DPW PKS Jatim).

Akhmad Suyanto menyebutkan, siapapun nanti yang diputuskan menjadi bacawali internal dari PKS Surabaya sepenuhnya keputusan DPW PKS Jatim dan DPP. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya berapa jumlah calon dan siapa namanya kewenangan DPW dan DPP.

“Dari hasil pemilu internal tahap dua ini kita sudah punya calon. Nah dari calon ini siapa nantinya akan komunikasikan dengan saudara kita dalam koalisi nantinya cocok tidak. Jadi begitu,” tegasnya.

Terkait hasil pemilu internal tahap pertama, Suyanto menyebutkan peraih suara tertinggi adalah Reni Astuti (Wakil Ketua DPRD Surabaya) disusul oleh Akhmad Jabir (Ketua MPW PKS Jatim) pada posisi kedua. “Kalau tidak salah suara tertinggi pada tahap pertama adalah bu Reni Astuti. Sementara urutan kedua Ustad Jabir,” katanya.@wan