Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gubernur Khofifah dukung pembangunan Museum HAM Omah Munir di Batu
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama istri almarhum Munir, Suci Wati di sela peletakan batu pertama pembangunn Museum HAM Omah Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (08/12/2019). FOTO: dok. LICOM
EDUKASI

Gubernur Khofifah dukung pembangunan Museum HAM Omah Munir di Batu 

LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timut Khofifah Indar Parawansa mendukung pembangunan Museum HAM Omah Munir di Kota Batu.

Keberadaan museum itu dinilainya bisa menjadi literasi dan edukasi Demokrasi dan HAM bagi masyarakat luas. Masyarakat bisa secara dekat mengetahui bagaimana sejarah perjalanan demokrasi dan penegakan HAM di Indonesia.

Penyajiannya, Khofifah, bisa dilakukan secara komprehensif melaui digital IT khususnya dengan augmented reality. “Keberadaan Museum HAM Munir menjadi bagaian penting sebagai penyampai informasi, edukasi, literasi sekaligus unsur rekreasi karena di desain dengan musium digital menggunakan augmented reality,” kata Khofifah, Senin (09/12/2019).

Gubernur juga menyebut, Museum HAM Munir bisa menjadi bagian untuk memanggil memori kita tentang Universal Declaration of Human Rights. Banyak sudut pandang tentang HAM yang akan memperkaya musium ini. Misalnya dari sudut pandang agama Islam, Imam Al – Ghozali merumuskan prinsip pokok Universal hak manusia dalam lima hal ; (1) Hifdzul Aql adalah kebebasan menyampaikan pendapat. (2) Hifdz Addin adalah kebebasan memeluk agama (3) Hifdz Nafs adalah menjaga jiwa setiap warga bangsa,(4) Hifdz Mal adalah menjaga hak milik warga negara (5) Hifrz irdi wan Nasl menjaga martabat dan generasi penerus bangsa.

Keberadaan Museum HAM Munir juga menguatkan kota Batu menjadi salah satu destinasi wisata edukasi Demokrasi dan HAM selain alam dan sentra wisata lainnya. Museum ini juga menunjukkan bahwa kota Batu menjadi salah satu referensi utama bagi pembangunan yang berkeadilan dan terbaik khususnya terkait pemerataan kesejahteraan dan rendahnya kemiskinan.

“Pemprov siap mendukung keberadaan Museum HAM Munir agar museum ini multi fungsi. APBD kita (Provinsi Jawa Timur) siap untuk bangunannya. Untuk lahannya kan aset Pemkot Batu. Mekanisme pengelolaanya agar optimal dan memberi manfaat yang besar setelah bangunan ini selesei,” tambahnya.

Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim menyebut Museum HAM Munir bisa menjadi literasi dan edukasi Demokrasi dan HAM bagi masyarakat luas. Masyarakat bisa secara dekat mengetahui bagaimana sejarah perjalanan demokrasi dan penegakan HAM di Indonesia.

Penyajiannya bisa dilakukan secara komprehensif melaui digital IT khususnya dengan augmented reality. “Keberadaan Museum HAM Munir menjadi bagaian penting sebagai penyampai informasi, edukasi, literasi sekaligus unsur rekreasi karena di desain dengan musium digital menggunakan augmented reality,”¬†lanjutnya.

Dukungan Gubernur Khofifah ditunjukkan lewat peletakan batu pertama Museum HAM Omah Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur pada Minggu (08/12/2019) kemarin.

Khofifah bersama Ketua Komnas HAM RI Akhmad Taufan Damanik, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Istri alm. Munir Suciwati, perwakilan kompolnas , LPKS dan beberapa Kepala OPD di  Pemprov Jatim.@sarifa