Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gubernur Khofifah tinjau operasi 50 pasien katarak di RSUD Jombang
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Jombang Mundjidah Wahab meninjau oparasi katarak di RSUD Swadana, Sabtu 14 Desember 2019. FOTO: obi-LICOM
HEADLINE PROOTONOMI

Gubernur Khofifah tinjau operasi 50 pasien katarak di RSUD Jombang 

LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah menyambangi RSUD Swadana Kabupaten Jombang, Sabtu (14/12/2019).

Kedatangan orang nomor satu di Jatim ini untuk melihat langsung operasi katarak gratis dalam rangka bhakti sosial rangkaian Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN).

Operasi katarak merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Komando Armada II dan Pemerintah Kabupaten Jombang.

Ada sebanyak 50 pasien katarak terdaftar dan ditangani oleh tim dokter. Operasi terhadap seluruh pasien ini akan diselesaikan dalam waktu dua hari.

Gubernur Khofifah menyampaikan, kegiatan ini menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Jatim yang tengah berupaya mengurangi jumlah kasus katarak.

“Sesuai target, tahun 2023 Jawa Timur terbebas dari penderita katarak,” katanya.

Gubernur Khofifah mengakui, angka prosentase rata-rata katarak di Jatim cukup tinggi bila dibanding dengan angka nasional.

“Jumlah saat ini penderita katarak di Indonesia sebesar 3 persen, sedangkan Jawa Timur melebihi angka nasional, sebesar 4,3 persen,” sebutnya.

 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengunjungi pasien katarak.

Mantan Menteri Sosial ini juga mengatakan, angka kasus kebutaan 80 persen di sebabkan oleh katarak. Sehingga perlu dilakukan langkah preventif yakni menyisir dilapangan sebagai bagian penting dalam mengurangi katarak.

“Bersama Komatda (Komite Mata Daerah) diharapkan 2023 Jatim bisa bebas dari katarak. Oleh karena itu proaktif masyarakat, agar bisa dilakukan penyisiran secara komperehensif,” terangnya.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab menambahkan bahwa angka penderita katarak di Kabupaten Jombang juga cukup tinggi, terlihat ada sekitar 50 orang yang telah mendaftar dalam operasi katarak gratis di RSUD Jombang. Sehingga diharapkan berikutnya nanti program bisa berlanjut dan berkesinambungan.

“Kami sangat berterima kasih, Pemprov dan Koarmada telah membantu masyarakat Jombang. Bahkan tadi, ada pasien yang terharu melihat ibu Gubernur dengan adanya operasi ini,” pungkasnya.@Obi