Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Desainer Titin angkat Tenun Lamongan jadi Nusantara Modern Lace, didukung Wabup Kartika
Titin Sudarsa dan Anaqa Gorgeous mengapit Wabup Kartika Hidayati yang punya aset Nusantara, Tenun Lamongan. @foto:ita
Art & Culture

Desainer Titin angkat Tenun Lamongan jadi Nusantara Modern Lace, didukung Wabup Kartika 

LENSAINDONESIA.COM: Kecintaannya yang amat besar terhadap kain tenun tradisional Indonesia, menjadikan Titin Sudarsa tak kenal lelah berburu wastra nasional hingga pelosok. Kali ini, Pilihaannya jatuh pada tenun Lamongan. Kok bisa?

Titin menilai tenun Lamongan memiliki paduan material unik. Seperti halnya, batik tulis dengan pewarnaan alami.

“Ciri khas rancangan kami merupakan tenun Nusantara modern lace,” kata Titin beragumentasi konsep desainnya saat ditemua di kediamannya, Jalan Ketintang Selatan III No 31-Surabaya yang merangkap show roomnya.

Keseriusan Titin untuk mengangkat tenun Lamongan itu, ia buktikan dengan sowan pada Wakil Bupati Kartika Hidayati untuk “kulo nuwun” terkait pemburuannya.

Didampingi desainer kondang Embran Nawawi, kehadiran Titin Sudarsa ini pun disambut suka cita oleh Kartika Hidayati, wakil bupati perempuan pertama di Jawa Timur itu.

Titin Sudarsa saat hunting tenun Lamogan diantar Wabub Kartika. @foto:ita

Tidak cuma itu. Wabup yang juga ketua muslimat ini rela mengantar ke pusat tenun di wilayah yang dipimpinnya yang ada di kecamatan Meduran, Lamongan. Tidak cukup puas di situ. Wabub Kartika juga mengajak Titin melihat secara langsung para perajin menenun benang pilihan dengan alat tenun tradisional.

Lain lagi, desain Anaqa yang menawarkan pilihan elegan menuju modern syar’i. Desain ini tetap dalam balutan tradisional kental Jawa Timuran.

Sebagai pendatang baru dalam dunia desain, Anaqa Gorgeous juga menyisir wanita modern tanpa melupakan kesyari’an agar tetap tampil santun.

Lantas, seperti apakah, bentuk dan desain berbahan kain tenun Lamongan yang ditangan Titin Sudarsa? Tunggu saja launching-nya 2020 mendatang. @ita