Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ini komposisi Dewan Pengawas KPK yang disampaikan Presiden Jokowi, dilantik 20 Desember
Presiden Jokowi berbicara dengan wartawan saat berada di Balikpapan, Rabu (18/12/2019). @foto:biro pers setpres
HEADLINE

Ini komposisi Dewan Pengawas KPK yang disampaikan Presiden Jokowi, dilantik 20 Desember 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo menyampaikan kriteria sejumlah kandidat Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Presiden, ada lima figur terbaik yang akan mengisi posisi sebagai anggota Dewan Pengawas lembaga antirasuah tersebut.

Di antara nama-nama yang masuk kandidat, yaitu mantan Hakim Agung Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, Hakim Albertina Ho, dan mantan Ketua KPK Taufiequerachman Ruki.

“Ada hakim Albertina Ho, itu tapi belum diputuskan. Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan,” kata Presiden saat berbincang dengan wartawan di Borneo C Ballroom, Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Rabu (18/12/2019).

Presiden juga menyebutkan nama mantan Ketua KPK Taufiequerachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

“Mengenai Dewan Pengawas, ya nama-nama sudah masuk tapi belum kita finalkan, karena hanya akan diambil lima,” kata Presiden sebagaimana dilansir Biro Pers, Media, dan Media Sekretariat Presiden, Rabu (18/12/2019).

Kelima figur calon anggota Dewan Pengawas KPK yang nantinya ditetapkan, kata Presiden, berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari hakim, jaksa, hingga ekonom.

“Ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana, saya kira itu. Namanya nanti, ditunggu sehari saja kok. ” tegasnya.

Diketahui, kelima orang anggota Dewas KPK rencananya akan dilantik bersama lima orang komisioner KPK 2019-2023 pada 20 Desember 2019.

Presiden memastikan bahwa orang-orang yang terpilih sebagai Dewan Pengawas adalah orang-orang yang baik.

“Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik,” tegas Jokowi.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden juga menyebutkan turut mendampingi Presiden saat berbincang dengan wartawan antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. @jrk