LENSAINDONESIA.COM: Riandi Prastiawan alias Andik Prasoko (36) buronan kasus pembunuhan terhadap Suwati (55) seorang wanita pemilik warkop tewas ditembak polisi pada Kamis malam (26/12/2019).

Petugas terpaksa menembak pria asal Jl Jojoran Surabaya itu tersebut karena menyerang petugas dengan senjata tajam jenis pisau saat ditangkap di Jl Kalibokor sekitar pukul 18.30 WIB.

“Tersangka ini merupakan DPO (Daftar Pencarian Orang) kasus perampokan yang disertai pembunuhan terhadap pemilik warung kopi di Jl Lakarsantri pada 31 Agustus 2017 lalu,” terang Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho saat memberikan keterangan di RSUD Dr Soetomo.

Sandi mengungkapkan, penangkapan terjadi saat petugas Unit Resmob Satreskrim mengetahui pelaku melintas di kawasan Jl Kalibokor. Ketika itu, petugas langsung berupaya melakukan penyergapan.

“Saat akan disergap berusaha melawan dan menyerang anggota kami menggunakan senjata tajam, sehingga diberi tembakan peringatan. Namun, tersangka tidak menggubris dan terus merangsek. Karena membahayakan keselamatan petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur,” paparnya.

Setelah pelaku ditembak, petugas sempat berupaya memberi pertolongan, namun yang pelaku meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit.

Dalam catatan kepolisian, sebelum melakukan aksi perampokan yang disertai pembunuhan, tersangka sempat medekam di Polsek Simokerto dalam kasus narkoba dan Polsek Gubeng karena membawa senjata tajam.@rofik