LENSAINDONESIA.COM: PDI Perjuangan memberikan apresiasi kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang turut terjun langsung mengatasi kebakaran gedung UFO Electronic di Jalan Kertajaya No 149, Sabtu (28/12/2019).

Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan mengatakan, atas kerja cepat, melalui sistem komando yang jelas, dan paham detail sehingga Risma mampu mengatasi berbagai problematika kota besar termasuk kebakaran.

“Menghadapi kebakaran UFO Elektronik yang berpotensi merambat ke kampung sekitar, Bu Risma bertindak cepat, paham skala prioritas, dan kerja detail dengan rantai komando yang jelas, spesifik, dan hadir langsung di tengah lapangan sehingga memberi semangat bagi seluruh aparatnya untuk bekerja dengan disiplin dan berdedikasi. Ini adalah keteladanan seorang pemimpin,” kata Hasto Kristiyanto, dalam ketarangan tertulis yang diterima lensaindonesia.com, Sabtu malam.

Menurut Hasto, apa yang dilakukan Walikota Surabaya tersebut menjadi bukti bahwa selain visioner, pemimpin itu harus paham detail tata kota dan turun ke lapangan sehingga memahami problematika rakyat.

“Ada pemimpin yang hanya pintar berkata-kata, bermain logika, namun tidak paham detail, sehingga anggaran rakyat dipakai untuk belanja yang tidak tepat sebagaimana terjadi dengan kasus Aica-Aibon beberapa waktu yang lalu,” ujar Hasto.

Kota Surabaya, Banyuwangi, Ngawi, Kota Semarang, Surakarta, Tabanan, Badung, Samosir dll, yang kepala daerahnya di pimpin oleh kader-kader PDI Perjuangan menjadi bukti bagaimana kerja lapangan di tangan pemimpin visioner yang merakyat mampu hadir sebagai antitesa pemimpin yang mengandalkan retorika kata-kata semata.

“Apa yang dilakukan oleh Ibu Risma bersama kepala daerah PDI Perjuangan lainnya tidak terlepas dari pemahaman terhadap jalan kerakyatan yang harus ditempuh setiap pemimpin. Jalan kerakyatan yang menyatu dengan seluruh nilai dalam Pancasila, wajib dijalankan oleh seluruh kader Partai. Disinilah Sekolah Para Calon Kepala Daerah PDI Perjuangan sangat penting untuk hadirnya pemimpin merakyat seperi Tri Rismaharini. Bu Risma adalah pengajar tetap Sekolah Partai kami,”pungkas Hasto.@LI-13