LENSAINDONESIA.COM: Baju merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Selain dapat menutupi anggota tubuh Anda, penggunaan baju juga dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih sempurna. Terlebih lagi apabila Anda menggunakan baju yang tepat. Perkembangan fashion saat ini juga memudahkan Anda dalam menemukan baju yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari baju untuk aktivitas sehari-hari hingga baju untuk kegiatan formal sekalipun.

Membeli baju saat ini juga bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. Di mana Anda bisa menambah koleksi baju yang dimiliki dengan melakukan online shopping.

Aktivitas secara online ini tentu membuat Anda dapat membeli baju dengan lebih mudah dan juga cepat. Bahkan, Anda bisa membeli baju saat sedang berada di perjalanan, lho.

Meski lebih mudah dan cepat, beberapa orang masih merasa ragu untuk membeli baju secara online. Pasalnya, membeli baju secara online tentu tidak dapat membuat Anda mencoba baju tersebut secara langsung. Berbeda dengan pada saat membeli baju secara offline, Anda dapat mencoba baju tersebut untuk memastikan bahwa baju yang akan Anda beli memiliki ukuran yang pas dan cocok untuk Anda gunakan.

Hal yang satu itu menjadi alasan mengapa beberapa orang ragu membeli baju secara online. Meski demikian, tentu tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membeli baju secara online. Pasalnya, keraguan Anda tersebut dapat diatasi dengan cukup mudah. Untuk itu, simak beberapa tip membeli baju online agar tidak salah pilih:

Ketahui Ukuran Baju Anda
Seperti yang telah disebutkan di atas, berbelanja online tentu membuat Anda tidak dapat mencoba baju secara langsung. Sehingga, Anda hanya bisa mengira-ngira apakah baju tersebut pas jika Anda gunakan. Untuk mengatasi kebingungan tersebut, tentu Anda perlu mengetahui dengan jelas bagaimana ukuran baju yang Anda miliki. Hal tersebut tentu bertujuan agar Anda bisa mendapatkan baju dengan ukuran yang pas meski membelinya secara online.

Layaknya sebuah sepatu, setiap brand memiliki ukuran baju yang berbeda dengan brand lainnya. Untuk itu, pastikan Anda tidak hanya menggunakan patokan ukuran seperti S atau pada saat akan membeli baju. Melainkan, Anda perlu mengetahui ukuran baju Anda dalam satuan cm.

Hal yang satu itu akan memudahkan Anda untuk mengetahui pas tidaknya sebuah baju. Ukuran lingkar dada menjadi salah satu bagian yang dapat menunjukkan apakah baju tersebut pas atau tidak. Anda tentu tidak ingin bukan apabila baju yang Anda beli memiliki ukuran yang kebesaran atau bahkan kekecilan. Sehingga, Anda juga perlu mengetahui ukuran baju yang akan Anda beli dalam satuan cm, mulai dari ukuran panjang baju hingga lebar baju. Mendapatkan baju secara online dengan ukuran yang pas tentu menjadi salah satu kepuasan tersendiri.


Perhatikan Detail Baju

Meski Anda tidak dapat mencobanya secara langsung, bukan berarti Anda tidak bisa mengetahui secara detail perihal baju yang akan Anda beli. Pasalnya, saat berbelanja online Anda akan menemukan kolom deskripsi produk. Di mana pada kolom tersebut telah dijelaskan mengenai berbagai macam informasi mengenai produk yang dijual. Mulai dari ukuran baju hingga bahan baju yang digunakan.

Melalui kolom deskripsi tersebut Anda bisa lebih mengenal produk baju yang akan Anda beli. Apabila informasi pada kolom deskripsi dianggap kurang lebih, Anda berhak menanyakan pada penjual perihal informasi seputar baju tersebut. Seorang penjual yang ramah tentu akan menanggapi pertanyaan Anda dengan baik. Selain kolom deskripsi, Anda juga perlu memperhatikan detail baju pada foto yang tertera. Adanya fitur zoom foto juga akan memudahkan Anda dalam melihat foto dalam jarak yang lebih dekat. Detail dari baju yang akan Anda beli juga dapat Anda ketahui dengan jelas melalui foto yang tertera.

Jangan Mudah Tergiur dengan Desain Baju
Saat mengetik sebuah kata kunci mengenai baju yang anda cari, dalam waktu yang singkat Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan model dan desain baju yang beragam. Dan kemungkinan besar Anda akan menemukan beberapa baju dengan desain yang begitu cantik dan juga menggemaskan.

Namun, perlu diingat bahwa setiap foto produk yang ditampilkan tentu memiliki sudut pandang foto yang terbaik. Di mana bentuk baju yang nantinya Anda dapatkan dapat berbeda dengan apa yang Anda lihat di foto. Sudah bukan rahasia lagi bukan apabila foto pada toko online merupakan cara mereka mempromosikan sebuah baju.

Sehingga, semua desain baju akan terlihat begitu bagus. Dengan tidak mudah tergiur dan memilih model yang lebih simpel, dapat dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan baju dengan desain yang tepat dan cocok untuk Anda gunakan.

Pilih Penjual dengan Reputasi dan Komentar Positif
Saat akan membeli baju secara online, Anda tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih penjual atau reseller. Di mana sebaiknya Anda memilih penjual yang memiliki reputasi baik. Baik tidaknya reputasi penjual tersebut dapat Anda cari tahu dengan melihat jumlah bintang. Semakin banyak bintang yang tercantum, menunjukkan bahwa penjual tersebut dapat dipercaya dan menjual barang dengan kualitas yang baik.

Selain melihat bintang, reputasi penjual juga bisa Anda lihat melalui kolom komentar pada situs tersebut. Reseller yang baik tentu dilengkapi dengan berbagai macam komentar positif di dalamnya. Berbeda dengan reseller yang tidak terpercaya akan dipenuhi dengan komentar-komentar negatif. Tidak hanya itu, sebaiknya Anda juga memilih reseller yang dapat memberikan respon dengan cepat.

Hal tersebut akan memudahkan Anda pada saat akan melakukan transaksi. Anda pun dapat lebih leluasa untuk menanyakan berbagai macam hal.

Bandingkan Harga dan Kualitas dengan Penjual Lain
Saat melihat adanya promo harga murah, sebaiknya Anda tidak buru-buru tergiur dengan hal tersebut. Pasalnya, saat berbelanja secara online Anda sebaiknya melakukan perbandingan terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mendapatkan produk dengan harga dan kualitas yang terbaik. Di mana produk yang sedikit lebih mahal dengan kualitas yang bagus lebih baik dibandingkan dengan produk harga murah dengan kualitas yang kurang baik.

Untuk itu, melakukan perbandingan harga dan kualitas perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Meski membutuhkan waktu yang sedikit lama, namun melakukan hal satu ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan produk yang terbaik.

Jangan Abaikan Ulasan Produk
Sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut, Anda tentu perlu memperhatikan ulasan produk dengan lebih seksama. Hal yang satu ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui kualitas dari produk melalui mereka yang pernah membelinya. Membaca ulasan ini akan membuat Anda semakin yakin, apakah produk tersebut layak Anda beli atau tidak.

Ulasan produk yang akan Anda temukan tentu berisi informasi mengenai kualitas produk, dari segi ukuran, bahan, jahitan, dan lain sebagainya.

Semakin banyak ulasan positif yang Anda temukan, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa baju yang akan Anda pilih memiliki kualitas yang sesuai dengan kolom deskripsi produk. Namun, Anda perlu kembali mencari penjual yang lain apabila ditemukan banyak komentar negatif.

Pastikan bahwa ulasan yang tercantum sudah sesuai dengan informasi yang Anda butuhkan.

Pilih Pembayaran yang Aman
Setelah memutuskan produk yang akan Anda beli, tentu Anda perlu melakukan pembayaran. Setiap toko online tentu memiliki pilihan dan kebijakan pembayaran yang berbeda-beda. Agar Anda tidak kesulitan dalam melakukan transaksi pembayaran, erlebih dahulu ketahui apa saja layanan pembayaran yang berlaku pada toko online tersebut.

Apabila Anda menemukan pembayaran secara COD, tidak ada salahnya jika Anda memiliki pembayaran yang satu ini. Di mana pembayaran secara COD dapat memberikan keuntungan yang lebih besar bagi para pembeli. Anda bisa terlebih dahulu mencoba baju tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Tidak hanya itu, membayar secara COD juga membuat Anda tidak perlu melakukan pembayaran secara virtual. Di mana adanya kesalahan teknis lebih jarang terjadi.

Pilih Jasa Pengiriman yang Tepat
Berbelanja online tentu identik dengan pengiriman barang. Di mana layanan yang satu lagi yang akan membawa barang belanjaan Anda hingga tiba di rumah. Untuk itu, pastikan Anda memilih jasa pengiriman barang yang tepat dan terjamin kualitasnya.

Tidak ada salahnya juga apabila Anda terlebih dahulu menanyakan pada pihak penjual layanan jasa pengiriman apa yang digunakan.

Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya salah paham. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih sendiri jasa pengiriman apa yang terbaik untuk dikirim di rumah Anda. Beberapa penjual online akan memenuhi keinginan Anda jika memang itu memungkinkan. Pastikan juga bahwa si penjual akan bertanggung jawab atas pengiriman tersebut. Anda juga bisa menanyakan perihal resi setelah produk telah Anda kirim.

Resi tersebut akan memudahkan Anda dalam mengontrol dan mengetahui keberadaan paket dari belanjaan Anda. Sehingga, pastikan Anda telah mengetahui nomor resinya, ya.

Manfaatkan Fitur Pengembalian Produk
Beberapa toko online dilengkapi dengan fitur pengembalian produk. Di mana melalui fitur yang satu ini Anda bisa mengembalikan baju yang telah Anda terima ketika mengalami kerusakan atau kecacatan. Seperti kain baju yang robek atau bahkan terkena noda. Hadirnya fitur ini tentu akan lebih menguntungkan Anda. Sehingga, Anda tidak perlu lagi khawatir apabila akan mendapatkan baju dengan kualitas yang tidak Anda inginkan.

Untuk itu, pastikan Anda memanfaatkan fitur ini pada saat membeli baju secara online, ya. Khususnya apabila terjadi kesalahan pada kondisi baju yang Anda dapatkan. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mendapatkan baju yang baru dengan kualitas yang baik.

Berbagai macam tips membeli baju online di atas tentu perlu Anda perhatikan dengan baik. Di mana tip tersebut akan membuat Anda berbelanja dengan lebih aman dan juga nyaman. Risiko adanya pembelian baju yang tidak tepat juga kini dapat Anda atasi dengan lebih mudah. Sehingga, tidak ada alasan lain untuk tidak membeli baju secara online. Pasalnya, bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk berbelanja.

Hadirnya toko online tentu akan memudahkan aktivitas Anda. Hanya dalam waktu sekejap saja baju yang Anda pesan secara online dapat langsung tiba di rumah Anda. Untuk itu, segera lengkapi koleksi pakaian yang Anda inginkan dengan membeli baju secara online sekarang juga! @ad_licom

Sumber: bworldonline.com