LENSAINDONESIA.COM: Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di sebuah warung kopi di Jl Platuk, Sidotopo Wetan, Surabaya terekam CCTV.

Pencurian yang di lakukan oleh dua pemuda itu terjadi pada Kamis (09/01/2020) sekitar pukul 06.13 WIB.

Dalam melakukan aksinya, kedua pelaku yang menggunkan motor Yamaha Vega R tersebut, dalam rekaman CCTV sempat mengawasi sekitar dari seberang jalan sambil menghubungi seseorang melalui ponselnya.

Satu pelaku bercelana pendek putih selutut, kaos hitam lengan panjang dan menggunakan topi tersebut, sempat mendekati sasara motor Honda Beat L 2059 PQ namun kembali kerekannya yang menunggu diseberang jalan.

Berselang 5 menit, pelaku kembali mendekati sasaran, dan langsung menyalakan motor yang diduga menggunakan kunci asli. “Kalau dilihat dari cara menyalakan  motor, terlihat tidak ada kesulitan, kemungkinan bukan pakai kunci T,” terang Puji Santoso, korban.

Korban yang juga pemilik warung kopi tersebut menyatakan, motornya terakhir dibawa oleh karyawannya (Samsul) untuk membeli nasi. “Setelah itu tidak ada yang memakainya lagi,” tambahnya.

Dalam rekaman CCTV tersebut, Samsul yang tertidur saat kawanan maling beraksi, saat pelaku berada diseberang jalan, dirinya sempat terbangun dan arah pandangan mengarah kepada kedua pelaku.

Istri korban yang keluar dan sudah tidak mendapati motornya tersebut, langsung berteriak memanggil dan karyawannya yang tertidur di kasir. Saat istrinya memanggil, dia tidak bangun padahal berselang beberapa menit saat kembali tidur.

“Lalu saya bangunkan dan saat ditanya kunci motornya, dia mengaku diletakan di atas etalase, tapi dari rekaman CCTV setelah dia menggunakan, tidak terlihat dimeletakan seauatu,” paparnya lebih lanjut.

Pasca kehilangan tersebut, korban mendatangi Polsek Kenjeran untuk membuat laporan atas hilangnya motornya tersebut, namun ditolak dengan dalih tidak membawa BPKB.

“Itu motor masih kredit dan BPKB-nya masih di-leasing. Saya laporan karena takut motor saya digunakan untuk tindak kejahatan, tapi malah tidak ada respon,” pungkasnya.@rofik