LENSAINDONESIA.COM: Surabaya kini mendapat giliran menjadi lokasi Final Kualifikasi Kejuaraan esports bergengsi di Indonesia, Piala Presiden Esports 2020.

Berlangsung dua hari (11-12 Januari 2020) di Atrium Pakuwon Mall Surabaya yang mewakili Regional Indonesia Timur.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha mengatakan, jumlah peserta yang mendaftar saat ini tercatat melonjak hingga mencapai sekitar 177.098 player dibanding tahun lalu hanya mencapai 15.000.

“Mereka mendaftar dan mengikuti kualifikasi awal secara online. Selain atlet-atlet dan tim esports Indonesia, turnamen olahraga elektronik ini diikuti atlet-atlet esports dari Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja,” papar Giring kepada Lensaindonesia.com, Jumat sore (10/10/2019).

Ia menambahkan, di Surabaya akan menyaring tim dan atlet-atlet esports dari Indonesia Timur yang lolos tahap kualifikasi online. Peserta akan bertanding dari 12 tim (48 pemain) untuk game Free Fire, 64 pemain di game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 32 pemain di game Mobile Premiere League (MPL).

“Nanti, bagi para pemenang di tahapan ini, akan melaju ke tahap akhir yakni Final Nasional Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta (1-2 Februari 2020) mendatang,” tandas Giring.

Giring yang juga sebagai CEO Indonesia Esports Premiere League (IESPL) menjelaskan, Piala Presiden Esports 2020 ini memasuki tahun kedua berkolaborasi dengan IESPL sebagai mitra Pemerintah Indonesia melalui Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Harumkan nama bangsa dengan prestasi atletnya, namun kedepan agar mampu mendorong pertumbuhan dari sisi ekonomi kreatif dan pariwisata. Sebab itu penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 membawa slogan #EsportsUntukNegeri” tuturnya.

Jumlah peserta saat ini terbagi atas 23.392 tim atau 123.172 pemain untuk game Free Fire, 2.440 untuk game eFootball PES, dan 51.486 orang untuk game Mobile Premier League.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Surabaya Afghani Wardhana mengungkapkan, baik penyelenggaraan Kualifikasi Regional Indonesia Timur di Surabaya. Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 akan melahirkan talenta-talenta esports nasional.

“Esports kian mengglobal dan diakui sebagai bagian dari olahraga. Terbukti, dengan esports merupakan cabang olahraga di berbagai kejuaraan multievent internasional,” kata Afghani.@Eld-Licom