LENSAINDONESIA.COM: Antisipasi bencana banjir di masa mendatang, Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran menanam 1000 pohon Tabebuya, Jumat (10/1/2020).

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho menyatakan, aksi menanam pohon khas Jepang tersebut bagian dari kepedulian polisi pada lingkungan. “Situasi saat ini, banyak pohon tumbang akibat cuaca ekstrim. Dan penanaman (pohon) ini bisa dapat mengganti untuk ke depannya,” terangnya.

Selain sebagai langkah reboisasi pengganti pohon yang tumbang, menurut Kombes Sandi, ini juga perintah Kapolri Jendral Pol Idam Aziz untuk memperindah Mako agar lebih teduh. “Ini juga menjadi atensi dari Kapolri agar markas kepolisian ditanami pohon, supaya lebih indah dan bagus,” paparnya.

Kapolrestabes juga mengungkapkan, jajarannya sebelumnya sudah melakukan kegiatan yang sama bersama walikota Surabaya Tri Rismaharini.

“Sebelumnya kami juga melakukan kegiatan yang sama bersama ibu Walikota Surabaya, menanam pohon di lokasi pesisir pantai, guna mengantisipasi bencana banjir,” ujar Kombes Sandi lebih lanjut.

“Hari ini kami bersama Polsek jajaran menanam seribu pohon, dan target kami ke depannya 10 ribu pohon,” pungkasnya.

Selain pohon tabebuya, juga ditanam pohon Mangga, matoa dan pohon lain yang bertahan lama, selain sebagai penghijauan dan mengantisipasi banjir. @rofik