Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kombatan siapkan Rakernas 2 “Jadikan Keluarga Benteng Pancasila”, undang Presiden Jokowi
Ketum DPN Kombatan Budi Mulyawan (kiri) dan Sidarto Danusubroto, politikus senior yang kini Watimpres. Sebagai Dewan Pembina DPN Kombatan, mantan ajudan Bung Karno ini senantiasa menekankan Kombatan harus berperan aktif mengawal NKRI sebagaimana cita-cita sang Proklamator RI. @foto: dok.kombatan
HEADLINE

Kombatan siapkan Rakernas 2 “Jadikan Keluarga Benteng Pancasila”, undang Presiden Jokowi 

LENSAINDONESIA.COM: Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) setelah sukses turut mengawal Joko Widodo terpilih menjadi Presiden RI periode kedua, kini mempersiapkan pelaksanaan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ke 2. Perhelatan nasional ini diiikuti DPW dan DPC Kombaan seluruh Indonesia, akan berlangsung di Gedung Budaya Sabilulungun, Soreang, Kabupaten Bandung pada 14-16 Februari 2020 mendatang.

“Kombatan sejak awal berdiri memprioritaskan mengawal keanekaragaman Indonesia dalam bingkai Pancasila. Karena itu, Rakernas kali ini, mengangkat tema Dengan Kesetiawanan Sosial, Kita Jadikan Keluarga sebagai Benteng Pancasila,” jelas Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Kombatan, Budi Mulyawan, SH, Jakarta, Sabtu (19/01/2020).

Budi Mulyawan menjelaskan, pada acara pembukaan Rakernas ini, DPN Kombatan ingin mengundang Presiden Joko Widodo untuk bisa hadir. “Kami memohon kehadiran Presiden Joko Widodo untuk memberi semangat peserta Rakernas, yang pernah menjadi relawan militen selama Pilres 2019,” kata Budi Mulyawan. Dewan Pembina DPN Kombatan, Sidarto Danusubroto kini dalam pemerintahan Presiden Jokowi periode 2 ini juga kembali menjadi Watimpres.

Ketua DPN Kombatan Budi Mulyawan memimpin rapat panitia Rakernas 2 Kombatan 14-16 Februari 2020 mendatang di Bandung. @foto: dok.kombatan

Menurut Budi Muyawan, pihaknya sengaja mengadakan rangkaian kegiatan Rakernas selama tiga hari, karena terdapat agenda-agenda besar Kombatan terkait program-program Kombatan, khususnya setelah organisasi ini resmi menjadi organisasi massa yang berideologi Pancasila dan berlandaskan semangat nasionalisme sebagaimana diajarkan founding father Proklamator Ir Soekarno.

“Pada Rakernas 1, pengurus Kombatan yang tersebar di Seluruh Indonesia masih berstatus relawan mengawal Pilpres untuk pemenangan Jokowi berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin. Rakernas 2 ini, pasca dilakukan konsolidasi pengurus DPW dan DPC, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” kata Budi Mulyawan, yang juga ikut pelaku sejarah peristiwa 27 Juli 1996 dikenal dengan sebutan “Kudatuli”.

Agenda Rakernas 2 nanti pada hari pertama, 14 Februari 2020, digelar diskusi publik “Dengan Kesetiawanan Sosial, Kita Jadikan Keluarga sebagai Benteng Pancasila”. Hari pertama ini juga diramaikan Bazar Keluarga (UKM). Hari kedua, 15 Februari 2020, berlansung Rakernas 2 mulai Pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Hari ketiga, 16 Februari 2020, dilangsungkan gelar Budaya Nusantara menampilkan karya-karya besar seni budaya Adiluhung Nusantara.

Budi Mulyawan juga mengatakan, Rakernas ke2 ini awalnya direncanakan akan dilangsungkan di wilayah Ibu Kota RI baru di Kutei Kartanegara atau wilayah Kalimantan Timur, namun karena pertimbangan teknis, hingga kemudian diputuskan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Karena factor teknis yang tidak memungkinankan, sehingga terpaksa dipindah di Kabupaten Bandung,” pungkas Budi Mulyawan yang akrab dipanggil Cepi ini. @dewi