Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kapasitas produksi capai 25 juta potong, PT Softex Indonesia Sidoarjo daur ulang limbah dengan mesin hidrotermal
Ruang produksi popok bayi PT Softex Indonesia di parbikan Sidoarjo, kamis (23/01/2020). eld
EKONOMI & BISNIS

Kapasitas produksi capai 25 juta potong, PT Softex Indonesia Sidoarjo daur ulang limbah dengan mesin hidrotermal 

LENSAINDONESIA.COM: PT Softex Indonesia kini mulai meminimalisir limbah popok bayi bekas dengan cara mandaur ulang. Adapun daur ulang popok bekas tersebut melalui beberapa proses diantaranya dicetak menjadi batu bata sebagai bahan bangunan.

Untuk mendukung langkah tersebut, PT Softex Indonesia menggunakan reaktor khusus dengan pemanas layaknya hitter guna mengurangi pencemaran lingkungan terhadap limbah popok bayi.

Benydictus Hindrawan, Plant Manager PT Softex Indonesia branch Sidoarjo mengatakan, untuk pengolahan popok bekas tersebut pihaknya menggunakan mesin hidrotermal dengan reaktor khusus tanpa adanya pembakaran.

“Jadi sebenarnya untuk pengolahan tersebut, kita menggunakan pemanas layaknya heater. Sebab efeknya mampu meminimalkan pencemaran lingkungan. Dan sistem ini sudah diterapkan di Bandung. Untuk Sidoarjo sebenarnya sudah diterapkan, namun memang belum terpublikasi,” papar Beny kepada Lensaindonesia.com, Kamis (23/01/2020).

Ia menambahkan, program daur ulang yang dilakukan itu tiada lain untuk mengontrol limbah dari angka produksi yang mencapai 15 hingga 25 juta pcs dari 7 mesin yang ada di cabang Sidoarjo.

“Sidoarjo merupakan project kedua dari program daur ulang ini, sebab kapasitas produksi di sini cukup tinggi. Sebab di sini 90 persen didominasi produk popok bayi lalu 10 persennya untuk pembalut wanita,” terangnya.

Secara pertumbuhan, lanjutnya, untuk tahun ini produk pembalut wanita meraih double digit di atas pertumbuhan rata-rata. Dan yang menjadi faktor pertumbuhan tersebut, dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesejahteraan masyarakat untuk memenuhi dan membeli klebutuhan produk tersebut.

“Di Sidoarjo sendiri, kami memprioritaskan pasar Indonesia timur dan Jawa Timur. Dan memang secara nasional, produk popok bayi menjadi leader hingga saat ini,” pungkas Benny.

Sebagai informasi, Pabrik PT Softex Indonesia yang ada di Sidoarjo memiliki kawasan produksi seluas 18.552 per meter persegi, dengan standar keselamatan komplit dan teruji. Untuk infrastruktur, dibangun di atas lahan seluas 11.051 per meter persegi. Sehingga total area pabrik PT Softex Indonesia di Sidoarjo ini mencapai 29.603 per meter persegi yang ditenagai 7 mesin produksi.@Eld-Licom