Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Dongkrak 5 lokasi wisata, Telkomsel siap gelontor dengan BTS 4G
Ilustrasi wisatawan domestik dedang berselancar di dunia maya menggunakan akses data 4G Telkomsel. ist
Internet

Dongkrak 5 lokasi wisata, Telkomsel siap gelontor dengan BTS 4G 

LENSAINDONESIA.COM: Telkomsel menambah kapasitas jaringan broadband di Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo guna melayani kebutuhan komunikasi wisatawan.

Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R menyampaikan, penambahan kapasitas broadband di 5 lokasi tersebut merupakan bentuk dukungan Telkomsel pada kemajuan pariwisata di Indonesia.

“Potensi pariwisata Indonesia masih besar ‎dan jumlah wisatawan dari mancanegara juga terus bertambah setiap tahunnya. Langkah ini untuk mendukung dan mendorong terbentuknya ekosistem digital di 5 lokasi tersebut,” terang Venus dalam keterangan resmi yang diterima Lensaindonesia.com, Jumat (24/01/2020).

Ia menambahkan, Telkomsel kali ini menambah BTS 4G menjadi lebih dari 330 BTS 4G. Di Danau Toba, layanan 4G Telkomsel menjangkau hampir 100% wilayah populasi melipiuti Wisata Danau Toba dan sekitarnya. Di Likupang, layanan 4G Telkomsel menjangkau sekitar 75% wilayah populasi keseluruhan area wisata yang kini kawasan tersebut masih dalam pengembangan infrastruktur.

“Tak hanya itu, akeses 4G Telkomsel juga menjangkau hampir 100% populasi di kawasan Borobudur dan sekitar 90% wilayah populasi Labuan Bajo di dalamnya termasuk area wisata Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, Bandar Udara Komodo, dan Pelabuhan ASDP Komodo,” jelas Venus.

Di Mandalika, lanjutnya, layanan 4G Telkomsel menjangkau hampir 100% di area Pantai Kuta, Panjai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, Pantai Gerupuk hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Khusus di wilayah KEK Mandalika Telkomsel hadirkan layanan 4G LTE untuk mensukseskan ajang MotoGP 2021 yang akan diadakan di wilayah tersebut,” tandas Venus.

Menurut Venus, perilaku komunikasi wisatawan selalu menggunakan layanan data untuk mengunggah foto dan video di tempat wisata lebih dominan dibandingkan penggunaan layanan SMS dan suara.

“Mereka juga kerap menggunakan layanan data saat perjalanan mulai dari mencari informasi tempat wisata, pesan tiket, hingga melakukan pembayaran secara online. Selain itu, layanan data juga digunakan ‎untuk mengakses informasi seputar kuliner, pertunjukan seni dan budaya‎ yang ada di sekitar lokasi wisata,” beber Venus.

Hingga ini Telkomsel telah membangun lebih dari 209.000 BTS dimana 160.000 di antaranya BTS 4G dan 3G. Selain itu, sekitar 14.990 BTS merupakan BTS di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) hingga perbatasan negara Indonesia.@Rel-Licom