Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Laskar Suramadu Jawara desak polisi tangkap pemilik akun facebook penghina Risma
Massa Laskar Suramadu Jawara, mendatangi Mapolrestabes Surabaya, Senin (27/1/2020) siang. FOTO: Rofik-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Laskar Suramadu Jawara desak polisi tangkap pemilik akun facebook penghina Risma 

LENSAINDONESIA.COM: Puluhan orang yang mengatasnamakan Laskar Suramadu Jawara, mendatangi Mapolrestabes Surabaya, Senin (27/1/2020) siang. Mereka mendukung kinerja Penyidik Satreskrim Polrestabes Surabaya, untuk melakukan proses hukum terhadap akun Zikria Dzatil yang melakukan penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Tangkap pemilik akun Zikria Dzatil, yang telah menghina ibu kami, wali kota kami dan proses sesuai hukum yang berlaku,” teriak salah satu anggota aksi yang berorasi di halaman Mapolrestabes Surabaya.

Dalam aksinya, massa Laskar Suramadu Jawara membawa sejumlah poster berisi desakan kepada polisi untuk segera mengungkap kasus ini.

“Kami warga Surabaya tidak terima atas penghinaan terhadap pemimpin kami yang sudah nyata bekerja untuk masyarakat Suroboyo,” serunya.

Untuk menampung aspirasi dan dukungan dalam proses hukum, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran pun menemui tiga orang perwakilan massa Laskar Suramadu Jawara.

Kepada Sudamiran, Dicky selaku koordinator lapangan (Korlap) menyatakan, pihaknya tidak terima atas penghinaan terhadap Tri Rismaharini yang dilakukan oleh akun Zikria Dzatil yang diunggah di media sosial, facebook.

“Kami selaku warga Surabaya tidak terima atas penghinaan yang dilakukan oleh pemilik akun Zakria Dzatil dan kami sangat mendukungbkinerja Polisi untuk mengusut tuntas dan memprisesnya sesuai hukum yang berlaku,” tandas Dicky.

Dicky menyampaikan, hasil pertemuannya dengan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran adalah polisi berjanji akan mengusut tuntas dan masih melakukan penyelidikan.

“Kami tadi diterima langsung oleh Kasat Reskrim, dan beliau berjanji akan mengusut tuntas pemilik akun yang telah melakukan penghinaan terhadap ibu Risma,” pungkasnya.

Sementara Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran, menyatakan menampung semua aspirasi masyarakat yang telah mendukung dalam melakukan proses hukum.

“Barusan kami menerima perwakilan dari warga masyarakat yang mengatasnamakan Laskar Suramadu Jawara, mereka meminta kami untuk melakukan proses hukum terhadap akun yang diduga melakukan penghinaan terhadap wali kota ibu Risma,” paparnya.

Kata Sudamiran, saat ini pihaknya masih melakukan penyidikan terhadap dugaan penghinaan melalui media sosial tersebut, dan telah memanggil saksi-saksi.

“Saat ini kami sudah melakukan tahap penyidikan, dan telah memanggil lima saksi untuk dimintai keterangan. Dan hari ini kami berencana meminta keterangan saksi ahli,” sebutnya.

Disinggung identitas pemilik akun dengan nama Zakria Dzatil, Sudamiran menyatakan mengaku sudah mengantongi identitas pemiliknya. “Kami masih melakukan penyidikan, dan alhamdulillah idintitasnya sudah kami kantongi,” paparnya lebih lanjut.

Sementara terkait pemanggilan terhadap pemilik akun, Sudamiran menyatakan sesegera mungkin akan melakukan layangan pemanggilan.

“Setelah memintai keterangan saksi saksi, dan melakukan penyelidikan dan penyidikan serta gelar perkara, sesegera mungkin kami akan melakukan pemanggilan,” pungkas Sudamiran.

Diketahui, akun facebook yang dilaporkan itu bernama Zikria Dzatil. Dalam posting-annya, akun itu mengunggah foto Risma yang tengah bersih-bersih.

Foto yang diunggah tersebut disertai kalimat “Anjirrrr… asli ngakak abis… nemu foto sang legendaris kodok betina,” tulis akun Zikria Dzatil pada 16 Januari 2020 pukul 18.59 WIB seperti yang dilihat detikcom dari salinan laporan Forum Arek Suroboyo Wani.

Diakhir kalimat dalam foto Risma itu, Zikria Dzatil menyertakan caption bernada hinaan dengan emoticon tertawa.

Sedangkan pada foto berikutnya, akun Zikria Dzatil mem-posting foto Risma tidak sendirian. Kali ini foto Risma dibuat meme dialog dan disandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam foto tersebut, antara Risma dan Anies seolah-olah digambarkan sedang berdialog terkait banjir. Tak lupa, akun tersebut juga memberikan caption.

“Maaf… kgk useh melotot gitu keles…..tuh kota lo banjir kgk usah sok sibuk ngurusin kota org bu….lo keder kan bu kota lo kena jg ma banjir makan tuh cebong2 yg baru netes,” berikut caption akun Zikria Dzatil.@rofik