Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Whisnu Sakti imbau warga Surabaya tak panik soal virus Corona
Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. FOTO: iwan-LICOM
HEADLINE JATIM RAYA

Whisnu Sakti imbau warga Surabaya tak panik soal virus Corona 

LENSAINDONESIA.COM: Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengimbau kepada warga Surabaya agar tidak panik menyikapi virus Corona. Kata dia, saat ini, pemerintah sudah melakukan langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus yang berasal dari China tersebut.

“Jangan sampai ada kepanikan. Tapi kita perlu tahun tentang itu (virus Corona),” kata Whisnu Sakti Buana ketika menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Surabaya, Senin (27/01/2020).

Whisnu menambahkan, Pemkot Surabaya telah melakukan sosialisasi dan antisipasi agar virus yang menyerupai flu burung itu tidak masuk ke wilayah Surabaya.

“Dinas kesehatan juga akan melakukan sosialisasi juga ke kampung-kampung khususnya di perumahan yang memang warganya barusan dari China,” jelasnya.

Pemkot juga telah berkoordinasi dengan pihak imigrasi agar semakin memperketat pengawasan terhadap kedatangan dari luar negeri khususnya China. ”Semua pintu masuk Surabaya dari luar negeri kan sekarang sudah diketati, agar ada cek suhu badan sehingga memang kalau ada indikasi flu atau apapun itu harus diisolasi dulu,” katanya.

Selain itu pemkot juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menyiapkan ruangan isolasi jika nanti terdapat kasus Corona yang masuk di Surabaya. Ia juga mengimbau agar warga Surabaya yang baru berkunjung dari China untuk memantau kesehatan tubuhnya. Khususnya apabila mengalami peningkatan suhu badan. “Tetap harus waspada untuk langkah antisipasi,” katanya.

Sementara itu anggota komisi D DPRD Surabaya, Akramarawita Kadir meminta supaya dengan instansi terkait seperti organisasi kesehatan dan kedokteran dan imigrasi untuk memantau lalu-lintas masyarakat dari daerah endemis masuk ke Surabaya.

“Dinas Dinkes Kota Surabaya juga harus terus memantau secara ketat menganai informasi-informasi yang didapat, dan mensosialisasikan ke warga kota Surabaya, sehingga tidak menimbulkan kepanikan” kata anggota legislatif yang juga seorang dokter ini

Selain itu, ia juga meminta Dinas Kesehatan agar menyiapkan puskesmas dan rumah sakit, baik itu petugas kesehatannya maupun fasilitas kesehatannya. Memperhatikan kesehatan para dokter dan petugas kesehatan lainnya.

“Dan juga menyerap informasi dari instansi terkait menganai tata cara penanganan apabila vaksin tersebut telah di temukan, dan kita berdoa bersama semoga indonesia tetap di jaga oleh Allah SWT, dan Vaksin 2019 nCov Ini cepat di temukan,” tuturnya.@wan