LENSAINDONESIA.COM: Di wilayah Kabupaten Tangerang, perkembangan klub-klub pembinaan olahraga Bola Tangan yang merupakan cabang olahraga dipertandingan di Olimpiade, cukup menggembirakan.

Pengurus Cabang Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kabupaten Tangerang, terus berupaya supaya olahraga ini semakin populer dan diminati, terutama kalangan milenial, dan termasuk salah satu Cabor (Cabang Olahraga) yang dapat dipertandingkan di Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) V Tangerang tahun 2021.

Keberhasilan ABTI menghelat Kejuaraan Bola Tangan Bupati Cup 2019 untuk memperebutkan Piala Bupati Tangerang akhir 2019, agaknya fakta Bupati Ahmed Zaki Iskandar pun menaruh perhatian serius pembinaan olahraga yang di kalangan milenial popular dengan sebutan olahraga Handball.

Apalagi, Ketua Umum KONI Kabupaten Tangerang H. M Komarudin juga menginginkan olahraga ini semakin digemari masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Kami berharap kejuaraan ini menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi, dimana mereka nantinya bisa berpromosi agar olahraga ini semakin digemari masyarakat,” ucap Ketua Umum KONI Kabupaten Tangerang H. M Komarudin saat membuka Kejuaraan Bola Tangan Bupati Cup 2019, Kamis (19/12/2019), di GOR Indoor Stadium Sport Center Kelapa Dua.

“Ini cabor olimpiade yang saya yakini memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan dan meraih prestasi,” imbuh Komarudin dilansir tangerangekspres.co.id.

Bupati Cup 1tu diikuti 7 tim putra dan 6 tim putri, dan tim SMKN 9 yang sebelumnya meraih juara IHA Open 2019, kembali mengukir prestasi menjadi Juara 2 Piala Bupati Tangerang. Praktis, berkat latihan keras, tim siswa SMKN 9 ini pada 2019 mampu meraih juara Indonesia Handball Association (IHA) dan Bupati Cup 2019.

Juara 1 Piala Bupati itu diraih SMK Islamic Village. Tim ini juga meraih juara 1 putri mengalahkan SMAN 24 Curug. Juara 3 putra diraih SMKN 6 Pagedangan, dan juara 3 puteri diduduki tim SMA PGRI 83 Legok.

“Sekarang, kita siap-siap menghadapi kejuaraan berikutnya. Senang ikut tim handball ini, saya dan teman-teman ingin terus mengejar prestasi,” kata Muhammad Habibullah, kiper tim SMKN 9 yang kapten timnya dipercayakan siswa akrab dipanggil Dovan.

Muhammad Habibullah (kanan), kiper andalah tim SMKN 9 Kab Tangerang. @foto: dok. istimewa

Habibullah yang siswa Kelas X Multimedia 1 dan kawan-kawannya anggota tim SMK 9 Soreang, wajar tertantang terus mengukir prestasi dibawa bimbingan gurunya, Mu’min Syahrudin, S.Pd.

Pasalnya, kompetisi handball pelajar ini sempat diinginkan Bapopsi (Badan Pembinaan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia) Kabupaten Tangerang bisa kembali digelar tahun 2020 ini.

Apalagi, Ketua Pengcab ABTI Kabupaten Tangerang Mukhasin pernah menyampaikan kepada awak media, kompetisi ini merupakan bagian dari rencana ABTI yang dipimpinnya agar bola tangan bisa dipertandingkan di Porkab V Tangerang tahun 2021. Kedepannya diharapkan dapat dipertandingkan di Porprov VI Banten tahun 2022.

“Kejuaraan (BUpati Cup 2019) ini juga bagian dari program kita setelah melakukan sosialisasi ke 14 Kecamatan dan hampir 20 sekolah di Kabupaten Tangerang,” katanya dikutip lensaindonesia.com. Sehingga, syarat pelaksanaan Porkab diikuti minimal 6 sampai 8 kecamatan bisa terpenuhi. @fitria/jrk