Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Trafik data naik, XL Axiata ekspansi jaringan di Jabar, Jateng dan Yogya
Peningkatan kapasitas jaringan data XL Axiata sudah jauh hari dilakukan guna mengantisipasi lonjakan di momen penyebaran birus Corvid-19 di Indonesia. Ist
HEADLINE TECHNO

Trafik data naik, XL Axiata ekspansi jaringan di Jabar, Jateng dan Yogya 

LENSAINDONESIA.COM: XL Axiata kembali mengekspansi dan fiberisasi jaringan 4G di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Sofia Purbayanti menyampaikan, XL Axiata berkompetisi ketat untuk meyakinkan masyarakat pengguna layanan data di level regional.

“Pola dan trend pengguna layanan data rata-rata terus meningkat di semua area, bahkan secara nasional. Setiap area memiliki karakter pengguna berbeda. Sebagian besar area Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga DI Yogyakarta lonjakan trafiknya cukup tinggi, karakter pelanggan sangat mobile,” papar Sofia dakam keterangan resminya, Sabtu (01/02/2020).

Beberapa area mengalami lonjakan trafik layanan data, diantaranya Kabupaten Boyolali di Jawa Tengah yang meningkat sekitar 70%, Kota Banjar di Jawa Barat naik sekitar 63%, dan Kabupaten Gunungkidul di DIY juga naik sekitar 47%.
Untuk layanan data 4G, trafik naik sekitar 43% di ketiga provinsi tersebut.

Sementara itu, laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang mencapai lebih dari 72% di periode setahun terakhir.

Pertumbuhan trafik data yang signifikan ini mayoritas didorong oleh layanan streaming dari beberapa platform seperti YouTube, Facebook, dan Instagram. Tren ini yang kemudian memacu XL Axiata untuk terus meningkatkan kualitas jaringan untuk mendukung layanan streaming.

Hingga kuartal ketiga 2019, total jumlah pelanggan di area Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta mencapai lebih dari 18 juta atau 17% dari total pelanggan XL Axiata secara nasional.

Dengan jumlah pelanggan data sekitar 68% dan pelanggan data 4G sekitar 50%.
Selain ketiga provinsi di Jawa tersebut, wilayah layanan XL Axiata Central Region juga mencakup Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Total pelanggan di Central Region sekitar 30% dari pelanggan secara nasional.

Di periode yang sama, jumlah BTS di wilayah Jawa Barat mencapai lebih dari 25 ribu BTS 2G/3G/4G yang tersebar di 27 kota/kabupaten. Sementara untuk area Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai lebih dari 16 ribu BTS 2G/3G/4G yang tersebar di 40 kota/kabupaten.@Rel-Licom