LENSAINDONESIA.COM: Komunitas Tangan Di Atas (TDA) menggelar Pesta Wirausaha Wilayah (PWW) Jawa Timur 2020 di Surabaya Town Square, Sabtu (01/02/2020).

Even dua tahunan yang digelar hingga Minggu (02/02/2020) ini, sekaligus merayakan ulang tahun ke 14 berdirinya komunitas TDA yang didirikan pada Januari 2006 lalu.

Dalam even ‘Usaha untuk Negeri’ tersebut, akan dihadiri sekitar 1.200 pengusaha dari penjuru Indonesia serta diramaikan 64 tenan bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari dalam maupun luar Kota Surabaya.

PWW Jatim 2020 tersebut juga diikuti berbagai komunitas unik di Surabaya, komunitas selebgram, komunitas musik, tokoh inspirasi pengusaha lokal dan nasional serta ribuan pengusaha dari seluruh Indonesia.

“Secara resmi, Pesta Wirausaha Wilayah Jawa Timur tahun 2020, kami buka,” ungkap Dony Kris Puriono, Presiden TDA sekaligus Founder Malang Strudel di Surabaya Town Square Surabaya.

Menurutnya, PWW Jatim 2020 kali ini mengusung tema berdaya atau #We Empower. Tema tersebut mengajak pengunjung untuk melihat sesuatu dari berbagai sisi dan berbagai perspektif dari secuil aksi yang mampu memberdayakan diri sendiri.

“Tentu saja memberdayakan sekitar untuk memberikan dampak positif bagi peradaban,” tambah Dellyana, Direktur Pesta Wirausaha TDA.

Apa konsep gelaran kali ini? Dellyana mengungkapkan, konsep PWW Jatim 2020 adalah Entrepreneurship, Community Movement and Entertainment in One Experience. Melalui konsep tersebut, diharapkan Pesta Wirausaha ini menjadi ajang pertemuan antar pelaku usaha.

“Termasuk juga titik temu antara pelaku industri kreatif, serta bermulanya kolaboraksi dengan berbagai komunitas untuk memberikan dampak yang lebih luas,” tutur Dellyana.

Tujuan ini, lanjut Dellyana, harus dikemas menghibur dan berbeda dari yang sebelumnya sudah ada. Terlebih lagi, agar memberikan pengalaman Iangsung kepada pengunjung untuk mengambil esensi dari makna berdampak.

“Harapannya, pengusaha-pengusaha kecil bisa meningkatkan/scale up bisnisnya menjadi besar. Yang sudah besar menjadi lebih besar,” sambung Ketua Pelaksana PWW Jatim 2020, Haris.

Pengusaha atau masyarakat yang ingin belajar menimba ilmu usaha, yang ingin tergabung komunitas TDA, dapat membuka di playstore dan men-download.

“Cukup mudah kalau ingin menjadi member kami, tinggal download di playstore, setelah membayar administrasi sebesar Rp 300 ribu, akan menjadi member, disana nanti akam dapat belajar berwirausaha,” ungkap Doni lagi.

Untuk diketahui, Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) selaku inisiator kegiatan adalah komunitas wirausaha terbesar di Indonesia, sekaligus wadah bergabungnya para wirausahawan Indonesia. TDA didirikan Badroni Yuzirman dan 6 pengusaha lainnya pada, Januari 2006.

Sampai 2017, telah terdaftar 6.000 member dari sekitar 15.000 member yang tergabung di TDA. Sebelumnya, di tahun 2013, TDA telah hadir di 61 kota di seluruh Indonesia dan di 4 negara manca, masing-masing TDA Singapura, TDA Hongkong, TDA Mesir, dan TDA Australia.

“Visi TDA ini ingin membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban,” pungkasnya.@rofik