LENSAINDONESIA.COM: Wabah virus corona adalah penyakit baru. Penyebaran virus ini cenderung menyebar melalui batuk dan bersin.

Ahli Mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, LIPI, Sugiono Saputra dan Ketua Pokja Infeksi Emerging Rumah Sakit Sulianti Saroso, Dokter Pompini Agustina menyebutkan sejumlah antisipasi sudah dilakukan pihak rumah sakit untuk menekan penyebaran virus corona. Satunya, ialah sosialisasi penggunaan masker dan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Ketua Komite Pencegahan Penyakit Infeksi, RSPI Sulianti Saroso, Dokter Titi Sundari juga memeragakan cara pemakaian masker dengan memerhatikan bagian depan dan belakang masker, posisi masker dan cara mengikat tali yang ada pada masker.

Bagian depan masker merupakan bagian yang berwarna, dan yang belakang ialah yang warna putih. Selain itu, tali masker diikat dengan baik. Pastikan saat menggunakan masker, tangan sudah dicuci dengan baik dan benar. Bila sudah digunakan satu kali, maka masker harus segera dibuang.

Selain penggunaan masker yang tepat, dr. Titi Sundari juga menjelaskan tata cara mencuci tangan yang tepat dengan membasahi tangan menggunakan air bersih dan sabun/antiseptik. Pastikan kedua tangan, punggung tangan, bagian bawah kuku, telapak tangan dan sela-sela jari juga sudah digosok dengan benar.

Cuci tangan selama 20 detik, bilas tangan dengan air bersih dan keringkan tangan dengan handuk bersih, gunakan handuk yang belum digunakan lebih dari tiga kali. @jrk