LENSAINDONESIA.COM: Seorang pekerja rumah tangga atau PRT Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura, dinyatakan positif terjangkit virus corona. PRT asal Indonesia ini terpapar virus corona setelah menjalani proses pemeriksaan oleh Departemen Kesehatan Singapura.

PRT Indonesia itu adalah perempuan berusia 44 tahun. Namun, identitas lengkap masih dirahasiakan. Hingga Selasa (3/1/2020), PRT itu tercatat orang ke 21 di Singapura yang positif corona.

Pemerintah Singapura sebagaimana dilansir scmp, mengumumkan 6 kasus baru virus corona. Di antaranya, 4 empat kasus terdeteksi penularan antar manusia. Khusus PRT asal Indonesia yang terjangkit corona itu tidak pernah melakukan perjalanan ke China.

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan, kasus-kasus baru tidak ada tanda-tanda menunjukkan penularan ke masyarakat luas.

“Jika Anda tidak dapat menentukan sumbernya … maka Anda akan memiliki penularan yang luas,” katanya.

Menteri Kesehatan itu menjelaskan, PRT Indonesia tertular corona lantaran berhubungan langsung dengan majikannya yang juga tertular virus corona. Majikan PRT itu bekerja di sebuah toko di Singapura yang banyak melayani wisatawan asal China.

Sebelumnya, si majikan itu sempat pergi ke departemen darurat Tan Tock Seng di Sungapura pada 30 Januari 2020. Saat itu, dia dinyatakan negatif untuk pneumonia.

Pada 3 Febuari 2020, majikan itu pun dilarikan ke Singapore General Hospital. Kondisi kesehatan yang dialami membuatnya dinyatakan positif corona. @jrk