LENSAINDONESIA.COM: Kombatan (Komunitas Banteng Asli Nusantara) menandai acara deklarasi resmi menjadi Ormas, Ketua Umum DPN Kombatan Budi Mulyawan menyerahkan sumbangan 2500 bibit pohon pencegah bencana kepada wartawan Jawa Barat dan Gedung Budaya Sabilulungan, Minggu (16/02/2020).

Penyerahan sumbangan secara simbolis berlangsung di tengah acara deklarasi dan Rakernas 2 Kombatan di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung. Bibit pohon untuk wartawan Jawa Barat diwakili wartawan Pikiran Rakyat, Ecep Sukirman menerima sumbangan 2000 bibit pohon.

Bantuan untuk penghijauan kawasan Gedung Budaya Sabilulungan sebanyak 500 pohon bibit diterima perwakilan dari pertamanan, Asep. Bantuan pohon bibit budiasih ini diharapkan kelak jika tumbuh besar dapat turut mewarnai upaya pencegahan bencana banjir maupun bencana longsor.

“Bibit pohon ini dipilih diserahkan kepada wartawan karena sebagai mitra perjuangan Kombatan dalam menjaga NKRI. Juga terhadap Gedung Budaya, karena mewakili penjaga kelestarian kebudayaan Indonesia,” jelas Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Budi Mulyawan, yang akrab dipanggil Kang Cepi.

Cepi yang juga dikenal salah tokoh pelaku sejarah peristiwa Kudatuli 1996 juga mengakui, secara simbolis bibit pohon tanaman-tanaman keras yang disumbangkan itu dapat diartikan menandai lahirnya Kombatan sebagai Ormas militan nasional baru untuk turut menjaga keutuhan NKRI dari segala ancaman.

Selain menyerahkan bibit pohon, juga dilangsungkan penyerahan sumbangan terhadap korban banjir yang merupakan partisipasi dari Kementerian Sosial. Setelah penyerahan bantuan, acara dilanjutkan dengan Rakernas ke-2 yang dikuti para ketua, sekretaris dan bendahara wakil dari DPW dan DPC seluruh Indonesia.

Dengan adanya deklarasi dalam rangkaian Rakernas ke 2 Kombatan yang sebelumnya hanya relawan Jokowi untuk Pilpres itu, praktis kini Kombatan dengan Dewan Pembina Sidarto Danusubroto (Watimpres) dan Yuliari Batubara (Mensos) resmi menjadi satu-satunya Ormas nasionalis berbasis semangat cita-cita Proklamator Ir Soekarno, yang memiliki pengurus tingkat DPW (Dewan Pimpinan Wlyahah) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) seluruh Indonesia. @licom_09