LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Jombang kembali melaksanakan program Bupati Melayani Warga (Bulaga). Kali ini Bulaga yang digelar di Balai Desa  Sukorejo, Kecamatan Perak terasa spesial, sebab dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dalam kegiatan mendekatkan layanan untuk masyarakat ini, Pemkab Jombang membuka berbagai stan seperti layanan pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, IMB, BPJS hingga IMB.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyampaikan, Bulaga ini merupakan bagian dari sosialisasi program pemerintah dan sarana penghubung aspirasi, serta memberikan pelayanan cepat pada masyatakat dengan metode ‘jemput bola’ yang digelar setiap dua bulan sekali.

“Ini dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan kolaboratif, memberikan pelayanan publik dengan model pelayanan yang efektif dan efisien. Lewat kegiatan Bulaga, kami akan berkantor di desa secara seharian penuh untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Maka, mulai pembuatan KTP, KK, Akta, IMB bisa langsung jadi pada hari ini. Bahkan, untuk yang akad nikah pada hari ini KTP nya bisa langsung diubah dari belum kawin menjadi kawin,” terang Mundjidah, Rabu (19/02/2020).

Gubernur Jawa Timur Khofifah sangat mengapresiasi program Bulaga ini. Menurutnya, progaram ini merupakan inovasi Pemerintah Kabupaten Jombang dalam memberikan layanan prima kepada warganya.

“Kegiatan Bulaga adalah bagian luar biasa sebagai bentuk layanan kepada warga. Ini bentuk kolaborasi, sinergitas dan orkestrasi yang baik, dimana konduktornya adalah Bupati dan Wakil Bupati secara langsung,” kata Khofifah.

Jika ke depan program ini berjalan baik dan lancar, Khofifah ingin segera disiapkan mal pelayanan publik yang stasioner. Pola ini penting, untuk mendekatkan dan mempercepat berbagai layanan kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut Khofifah menjelaskan jika mulai dari tingkat RT, RW dan kades hadir memberikan surat pengantar, maka warga masyarakat dapat mengakses layanan yang ada. Jika semua sudah digital, proses di desa dapat dipercepat dan masyarakat dapat segera melompat lebih cepat.

“Masyarakat sangat antusias dengan adanya Bulaga karena memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen yang diperlukan, bahkan untuk kepengurusan perizinan terpadu satu pintu yang langsung jadi hari itu juga jika persyaratannya telah lengkap,” bebernya.

Sementara Dinas Kominfo menampilkan gelaran informasi seputar Jombang melalui kemasan dialog yang membahas tentang berbagai potensi ekonomi antara wisata dan perkebunan kopi yang dapat dikembangkan di Wonosalam. Adapun pembicara dalam sajian dialog Bupati dan Wakil Bupati, serta Kepala OPD terkait.@Obi