Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Hajar Persija 4-1, Persebaya juara Piala Gubernur Jatim 2020
PIALA GUBERNUR JATIM 2020: Para pemain Persebaya merayakan kemenangan setelah menerima piala dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. FOTO: DOK
HEADLINE SPORT

Hajar Persija 4-1, Persebaya juara Piala Gubernur Jatim 2020 

LENSAINDONESIA.COM: Persebaya Surabaya akhirnya meraih juara Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020, setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/02/2020).

Kemenangan Persebaya ini dicetak oleh, Oktavianus Fernando, Makan Konate, Ricky Kambuaya dan Mahmud Eid. Sementara gol balasan Persija dicetak oleh Marco Simic.

Jalannya pertandingan, Persebaya mampu bermain mendominasi di babak pertama. Bahkan mereka sudah unggul sejak menit ke 2.

Makan Konate yang melakukan manuver dari sisi kiri pertahanan Persija, mampu melepaskan umpan dan dikonversi Oktavianus Fernando menjadi gol. Kedudukan berubah 1-0.

Kebobolan di menit awal membuat Persija langsung merespon, dengan memasukkan Novri Setiawan menggantikan Adrianus Dwiki. Tim berjuluk Macan Kemayoran itupun mencoba menekan pertahanan Persebaya.

Namun petaka Persija datang menit 30. Pemain belakang Ryuji Utomo harus mendapatkan kartu merah dari Wasit Dwi Purba Adi. Ini setelah melanggar David da Silva yang berhasil merebut bola dari Ryuji.

Dwi Purba menilai Ryuji menjadi orang terakhir sebelum kiper. Kehilangan satu pemain, pelatih Persija Sergio Farrias pun memasukkan Alfath Fathir menggantikan Evan Dimas.

Alih-alih menggandakan skor dengan menang jumlah pemain, gawang Persebaya justru kebobolan menit 42. Marco Simic berhasil menyundul bola sepakan pojok Rico Simanjuntak.

Masuki babak kedua permainan Persebaya semakun menggila. Unggul jumlah pemain tim berjuluk Bajul Ijo itu langsung menekan.

Hasilnya menit 52 tendangan Makan Konate yang berhasil merangsek pertahanan Persija, tak mampu ditahan kiper Persija Sahar Ginanjar. Hasilnya skor berubah 2-1 untuk keunggulan Persebaya.

Persebaya berhasil memperlebar keunggulan setelah Ricky Kambuaya berhasil memanfaatkan umpan Irfan Jaya menjadi gol menit 56. Skor berubah 3-1 atas keunggulan Persebaya.

Pertandingan sempat memanas, Mamoud Ied dan Marc Antony terlihat terlibat pelanggaran.

Persebaya menutup laga final Piala Gubernur Jatim dengan skor 4-1. Gol terakhir Persebaya dilesakkan Mamoud Ied.

Menanggapi kemenangan ini, pelatih Persebaya, Aji Santoso menyambut positif. Sebab ia semakin yakin menatap kompetisi Liga 1 musum 2020 mendatang.

“Kami sangat menyambut positif kemenangan ini, karena kami sudah melihat kekuatan kami di Liga 1,” kata Aji seusai pertandingan.

Di sisi lain, pelatih Persija Jakarta, Sergio Farrias mengaku menyesal dengan hasil pertandingan kali ini. Sebab di babak pertama mereka dihadiahi satu kartu merah, dan itu membuat timnya kalah pada pertandingan final ini.

“Susah membuat siapapun tim harus hadapi situasi seperti ini itu tidak baik untuk sepak bola Indonesia. Semua yang kita alami perjalanan baik, tapi hasil kali ini akan menjadi evaluasi Persija untuk persiapan Liga 1,”  ujar Sergio.

Sergio juga mengucapkan selamat kepada Persebaya yang mengakhiri turnamen pramusin ini dengan gelar juara. Apalagi menurutnya, Persebaya merupakan tim yang bagus.

“Kita terima hasil pertandingan ini, selamat untuk Persebaya menjadi juara pramusim,” pungkas Sergio.