LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terjun ke sekolah-sekolah guna menggelar Sosialisasi Perguruan Tinggi Kemenhub Tahun 2020. Acara kali ini diadakan di SMAN 1 Tarakan Kalimantan Utara, Kamis (21/02/2020) dengan melibatkan sebanyak 412 siswa dari 11 sekolah SMA/Sederajat.

Ada tiga perguruan tinggi di bawah Kemenhub yang memberikan wawasan tentang 23 perguruan tinggi yang ada di Kementerian Perhubungan, yakni Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun.

Acara ini merupakan program kerja BPSDM Perhubungan Kemenhub dalam mensosialisasikan empat matra sekolah yang dimiliki yaitu matra Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian.

Pemaparan materi tentang perguruan tinggi di BPSDM Perhubungan sekaligus tahap-tahap Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (SIPENCATAR) 2020 disampaikan oleh Kabag Umum PPSDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) Kemenhub Mujiono.

Menurutnya, anak-anak SMA harus mampu memilih untuk kuliah dimana, terutama kuliah di perguruan tinggi yang jelas akan membuat masa depannya lebih cerah.

“Dari matra laut, banyak yang setelah lulus berlayar keliling dunia, dari matra udara banyak yang sudah bekerja di maskapai-maskapai dan BUMN, dari matra perkretaapian dan matra darat pun tak kalah hebatnya kesempatan kerja bagi mereka,” ujarnya pada LICOM, Jumat (22/02/2020).

Para siswa yang hadir di acara ini sangat antusias, mereka berebut bertanya tentang sekolah kedinasan, sekolah yang diasramakan dengan sistem semi militer yang baik untuk melatih kedisiplinan dan tanggungjawab. 412 siswa tersebut berasal dari 11 SMA atau sederajat di Kota Tarakan, yaitu dari SMAN 1 Tarakan, SMAN 2 Tarakan SMAN 3 Tarakan, SMKN 1 Tarakan, SMKN 2 Tarakan, SMKN 3 Tarakan, SMKS Kesehatan Kaltara Tarakan, SMAS Kristen Tunas Kasih Tarakan, SMAS Hang Tuah Tarakan, SMA Muhammadiyah Tarakan dan MAN Tarakan.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tarakan Akhmad Yani menyambut baik dan sangat mengapresiasi Kementerian Perhubungan karena sudah berkenan datang ke Tarakan dan mengedukasi siswa-siswi SMA disana tentang pilihan perguruan tinggi negeri milik Kemenhub sekaligus memberi penjelasan tentang kesempatan berkarir bagi generasi muda.

Sambutan positif juga disampaikan oleh kepala sekolah SMAN 1 Tarakan selaku tuan rumah Weti Heri Murtiningrum. Ia menilai kegiatan ini sangat menarik selama ini perguruan tinggi datang ke sekolah hanya untuk membagikan brosur, sedangkan brosur tidak bisa mengena ke siswa, tapi kali ini mereka datang langsung, anak-anak jadi tahu bahwa profesi tidak hanya dokter, akuntan, dan sebagainya. Mereka jadi tahu bahwa kuliah di pelayaran atau penerbangan itu bisa sangat bermacam-macam karirnya.

Ditambahkan, Kabag Keuangan dan Umum Poltekbang Surabaya Bagja Gumilar juga sempat menghadirkan alumni Poltekbang Surabaya yang sekarang sudah bekerja di Airnav Indonesia sebagai teknisi. Kesempatan bertemu para taruna dan alumni perguruan tinggi Kemenhub membuat para siswa yang hadir makin membuka wawasan mereka mengenai masa depan apa yang akan mereka pilih setelah lulus nanti.

Soal pemilihan Sosialisasi Perguruan Tinggi Kemenhub Tahun 2020 di Kalimantan, Bagja menyebut sebaran sekolah tinggi Kemenhub masih minim di sekitar Kalimantan.

“Sekolah kita (Kemenhub) jadi mungkin agar lebih tersosialisasi di daerah yg minim sebaran info. Kalimantan jg daerah yg akan menjadi alternatif pilihan sebagai ibukota negara, dalam pengembangannya terutama simpul-simpul transportasi sangat membutuhkan SDM yang siap membangun konektifitas di Kalimantan,” tandas Bagja Gumilar.@sarifa