LENSAINDONESIA.COM: Kapal pesiar CMV Vasco da Gama sandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Sabtu (22/02/2020) lalu dengan tujuan Singapura.

Kapal berbendera Bahamas ini memiliki ukuran LOA (Length Over All) 219,40 meter dan GT (Gross Tonnage) 55.877 Ton ini berangkat dari Lombok.

Michail Smyrnaios, kapten kapal yang membawa 840 wisatawan asing dan 546 awak kapal ini mengaku senang bisa berkunjung ke Indonesia.

“Saya bekerja dengan orang Indonesia di kapal sejak tahun 1995. Saya merasa senang akhirnya dapat datang ke Indonesia kembali khususnya di Kota Semarang,” tandasnya.

Kapal pesiar CMV Vasco da Gama jadi kapal ketiga berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Usai sebelumnya kapal pesiar juga bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas yakni MS Aida Vita adalah kapal cruise pertama di tahun 2020 dengan membawa 1.238 wisatawan mancanegara (wisman) dan 401 crew pada 15 Januari lalu dan MS Seven Sea Voyager dengan 595 wisman dan 458 crew pada 14 Februari lalu.

Menurut Kepala humas Pelindo III, Wilis Ajii Wiranata hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi Pelindo III untuk mendukung pemerintah guna menargetkan 20 juta wisatawan datang ke Indonesia.

“Sebagai operator pelabuhan yang menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan mancanegara melalui wisata kapal cruise, Pelindo III menyiapkan sejumlah infrastruktur penunjang di beberapa pelabuhan yang dikelolanya. Mulai perbaikan area terminal penumpang, pengerukan alur dan kolam hingga menambah standar panjang dermaga agar kapal cruise bisa bersandar. Rencananya, tahun 2020 ini akan ada 79 call kunjungan kapal pesiar di wilayah Pelindo III, semoga jumlah kunjungan kapal pesiar tersebut kian meningkat,” papar Wilis dalam keterangan resminya, Senin (24/02/2020).

Manajemen Pelindo III menghadirkan berbagai hiburan seperti live music, tarian daerah dan stand souvenir yang dapat dinikmati di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas. Hal ini merupakan bentuk layanan untuk menyambut kapal pesiar guna menciptakan citra positif dan kesan mendalam para wisatawan mengenai pelayanan di Pelabuhan Tanjung Emas.@Rel-Licom