LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak perlu takut secara berlebihan dengan virus Corona. Karena berdasarkan data, mereka yang terdampak memiliki tingkat kesembuhan yang sangat tinggi.

“Virus Corona dari data yang saya terima, 94 persen lebih penderitanya dapat disembuhkan,” kata Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (05/03/2020).

Presiden Jokowi juga berbagi tips untuk mencegah penyebaran virus Corona, salah satunya ialah mencuci tangan dengan benar.

“Pertama, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun,” pesan Presiden dilansir Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis ini.

Selain mencuci tangan dengan benar, hal lain yang bisa dilakukan antara lain, dengan menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Hal ini dikarenakan telapak tangan kita sering menyentuh berbagai macam benda dan rentan terkena virus.

Tak hanya itu, lanjut Presiden, kita juga perlu menjaga jarak dengan siapa pun yang batuk atau bersin, karena virus corona dapat menyebar melalui tetesan cairan yang keluar saat batuk atau bersin. Berikutnya, berikan masker pada yang sakit agar tidak menular pada yang lain.

“Sebetulnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri, tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan, dan berita-berita hoaks serta rumor. Kita sebenarnya harus yakin dengan fakta, informasi, solidaritas bersama, dan gotong royong,” tandas Presiden, seraya memperagakan cara menyuci tangan menggunakan sabun dalam rekaman video. @bpmisp/jrk