LENSAINDONESIA.COM: Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur berjalan lancar di Hotel Utami Sidoarjo, Jumat (06/03/2020).

Plt Ketua DPD Partai Golkar Jatim Zainudin Amali (ZA) menegaskan bahwa Musda Jawa Timur resmi digelar secara aklamasi dengan menunjuk Muhammad Sarmuji sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jatim 2020-2025.

Pria yang kini menjadi Menpora itu menghargai teman-teman yang sebelum ini juga sudah mendapatkan dukungan dari berbagai DPD, seperti Sahat Tua Simanjuntak (Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim), Gatot Sudjito (Anggota DPR RI Dapil Jatim VII) dan Muhammad Sarmuji (Anggota DPR RI Dapil VI).

“Namun saya dengar informasi dengan kedewasaan politik akhirnya Pak Sahat dan Pak Gatot Sudjito mau mundur dan memberikan kesempatan kepada Pak Sarmudji. Mudah-mudah informasi yang diterima Menpora tidak salah,” ujar Zainuddin Amali dihadapan para kader Golkar se-Jatim.

Ia berharap DPD Partai Golkar Jatim tetap solid dalam melaksanakan Musda X dengan cara Jawa Timuran yakni guyub, rukun dan adem. Kalau Musda ini akan menghasilkan satu keputusan memilih pemimpinnya secara aklamasi, maka itu adalah cara partai golkar berdemokrasi.

“Jangan dianggap permufakatan dalam demokrasi akan menghasilkan satu pilihan yang aklamasi itu tidak demokratis. Itu sesungguhnya adalah wujud dari demokrasi Pancasila,” tegas Zanudin Amali.

Sementara, dalam laporan tanggapan DPD Partai Golkar kabupaten/kota atas LPj DPD Partai Golkar Jatim, mereka satu suara dapat menerima dan memberikan dukungan kepada Sarmuji.

Sehingga praktis hanya ada calon tunggal dalam Musda X DPD Partai Golkar Jatim. Pimpinan Sidang Pleno Musda X DPD Partai Golkar Yahya Zaini langsung menawarkan kepada peserta Musda, apakah Sarmuji bisa langsung ditetapkan tanpa melalui proses pemungutan suara. Menjawah hal itu, seluruh peserta menyatakan bisa menerima.

“Dengan ini saudara-saudara, dengan mengucap Bismillahhirahmanirrahim saya ketok, Pak Sarmuji sebagai ketua DPD Partai Golkar Jatim periode 2020-2025, sesuai dengan aspirasi yang disampaikan pimpinan DPD Partai Golkar se Jatim,” tegas Yahya Zaini.

Dilanjutkan dengan penyerahan panji Partai Golkar oleh Yahya Zaini kepada Ketua Terpilih DPD Partai Golkar Jatim.

Bismillahirrahmanirrahim saya terima panji-panji Partai Golkar untuk saya kibarkan setinggi-tingginya dan seluas-luasnya di Provinsi Jatim,” tutup Muhammad Sarmuji disambut tepuk tangan peserta Musda.@sarifa